Sriwijaya FC mempermalukan PSIS Semarang 4 - 0

id Sfc, psis, kalah, skor, pelatih, rahmad darmawan

Sriwijaya FC mempermalukan  PSIS Semarang 4 - 0

Dok. (ANTARA Sumsel News/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Sriwijaya FC mempermalukan PSIS Semarang  karena tanpa memberikan gol pada laga lanjutan GoJek Liga 1 2018 di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Selasa (22/5) malam dengan skor, 4 - 0.

Empat gol Sriwijaya FC dicipta oleh Hamka pada menit ke-50, Mohamadou Ndiaye menit ke-55, Alberto Goncalves menit ke-63, dan Mohamadou Ndiaye menit ke-68.

Tim tuan rumah Sriwijaya FC yang menurunkan sebelas pemain terbaiknya langsung melancarkan serangan ke jantung pertahanan PSIS sejak menit pertama.

Pertarungan sengit terjadi di lini tengah. Sriwijaya FC yang mengandalkan gelandang serang Adam Alis berkolaborasi dengan Makan Konate kerap berhasil menerobos lini pertahanan PSIS. Beberapa peluang nyaris berbuah gol melalui kaki Alberto Goncalves dan Manuchehr Jalilov.

Pada menit ke-11, Jalilov nyaris menjebol gawang PSIS yang dijaga Aji Bayu Putra andai saja tendangan "first time"-nya tidak terlalu melebar dari mistar gawang.

Perlawanan PSIS tak dapat dipadang sebelah mata. Meski peluang banyak diciptakan tim tuan rumah, PSIS setidaknya memiliki dua peluang menjebol gawang Sriwijaya FC.

Melalui skema "one to play", Bruno Silva mampu menggapai kotak penalti dan menyambar umpan silang. Namun, bola masih melebar dari mistar gawang.

Lima menit berselang pertahanan Laskar Wong Kito, julukan Sriwijaya FC, kembali nyaris dijebol Bruno. Pemain asing PSIS ini melepaskan tendangan menyilang, bola begulir ke arah gawang persis di sisi luar tiang gawang.

Silih berganti menyerang, tak kunjung gol tercipta. Skor kaca mata bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Sriwijaya FC mengubah strategi permainan untuk meruntuhkan barisan lima pemain belakang PSIS. Berbeda dari biasanya, pada laga ini PSIS memplot dua stopper.

Rahmad Darmawan menginstruksikan membuka ruang dengan mempertajam tusukan dari sayap.

Hasilnya empat gol beruntun tercipta, yakni diawali dengan sundulan Hamka pada menit ke-50, sundulan Mohamadou Ndiaye menit ke-55, Alberto Goncalves menit ke-63, dan Mohamadou Ndiaye menit ke-68.

Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan mengatakan kemenangan ini berkat perubahan strategi di babak kedua.

"Awalnya kami kesulitan di babak awal karena PSIS bermain di luar perkiraan kami. Namun, di babak kedua kami ubah sedikit dengan banyak melakukan serangan dari sayap," kata RD dalam wawancara di Press Room Stadion GSJ.

    

Susunan Pemain
Sriwijaya FC : Teja Paku Alam (pg), Hamka Hamzah (c) (Bio Paulin/78), Mohamadou Ndiaye, Adam Alis, Alfin Tuasalamony, Esteban Vizcarra, Konate Makan (M Nur Iskandar/76), Marckho Sandy Meraudje, Zulfiandi, Alberto Goncalves, Manuchehr Jalilov.

Pelatih: Rahmad Darmawan

PSIS : Aji Bayu Putra, Fauzan Fajri Nasrullah (Aldaer Makatindu/58), Frendy Saputra, Gilang Ginarsa, Haudi Abdilah (c), Petar Planic, Hafiz Ibrahim, Ibrahim Posle Conteh, Melcior Leideker Majefat (Gustur Cahyo Putro/60), Bruno Silva, Hari Nur Yulianto.

Pelatih : Vincenzo Alberto Annese.