KPU akan verifikasi berkas calon anggota DPD

id kpu,dpd ri,verifikasi berkas dpd,komisi pemilihan umum,pileg,ketua kpu sumsel

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (kiri) berbicang dengan ketua KPU Provinsi Sumsel Aspahani (kanan) saat menghadiri acara pembekalan antikorupsi dan deklarasi LHKPN Pasangan Calon Kepala Daerah se-Sumatera Selatan, di Aula KPU Sumsel, Palembang, Selasa (10/4). (ANTARA Sumsel News/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan segera menyerahkan berkas bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) perseorangan ke KPU kabupaten dan kota untuk dilakukan verifikasi faktual.

"Kami akan menyerahkan berkas bakal calon anggota DPD ke KPU kabupaten dan kota untuk dilakukan verifikasi faktual," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Ahmad Naafi di Palembang, Senin.

Menurut dia, sebanyak 26 bakal calon anggota DPD sudah menyerahkan perbaikan syarat dukungan ke KPU Sumsel.

Sehubungan dengan hal itu maka akan dilakukan verifikasi faktual selama tiga hari sesuai dengan jumlah sebaran dukungan yang disampaikan ke KPU, katanya.

Ia menyatakan, verifikasi faktual yang dilakukan itu sesuai dengan sebaran daerah yang disampaikan ke KPU Sumsel.

Sementara untuk 10 orang bakal calon anggota DPD lagi, berkasnya sudah memenuhi syarat, ujarnya.

Sebelumnya, Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan, Liza Lazuarni menyampaikan, untuk penelitian faktual di lapangan itu nantinya langsung turun ke kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

Bakal calon peserta pemilu anggota DPD RI yang berasal dari Sumatera Selatan, harus mengumpulkan dukungan minimal 3.000 orang yang tersebar paling sedikit 50 persen atau di sembilan kabupaten/kota se-Sumsel yang dibuktikan dengan E-KTP.

Pendaftaran bakal calon anggota DPD RI yang berasal dari Sumsel itu akan dilaksanakan sekitar 9-11 Juli 2018, katanya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar