Relawan Bengkulu galang dana bantu anak terinfeksi virus HIV

id Hiv, aids, relawan, galang dana, bengkulu, sumsel

Relawan Bengkulu galang dana bantu anak terinfeksi virus HIV

Ilustrasi - Stop AIDS/HIV. (ANTARA)

Bengkulu (ANTARA News Sumsel ) - Sekelompok relawan dari Yayasan Kantong Informasi Pemberdayaan Adiksi (Kipas) Bengkulu mengumpulkan sumbangan masyarakat untuk membantu 20 orang anak di daerah itu yang terinfeksi virus HIV/Aids.

 "Aksi kami ini bagian dari malam renungan Aids 2018 dengan mengumpulkan dana masyarakat untuk membantu anak-anak yang terinfeksi HIV/Aids," kata Koordinator aksi, Wayan Eka di Bengkulu , Senin.

Ia mengatakan penggalangan dana masyarakat tersebut selain membantu anak-anak yang terinfeksi virus mematikan tersebut sekaligus untuk meningkatkan komitmen dan kepedulian masyarakat dalam penanggulangan HIV/AIDS.

Penggalangan dana yang dilakukan dalam beberapa hari terakhir kata dia telah berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp2.613.500.

Dana tersebut akan diserahkan kepada anak-anak yang terinfeksi HIV/AIDS, khususnya mereka yang kondisi ekonomi keluarganya kurang mampu.

Setelah dana terkumpul, akan dibelikan makanan dan nutrisi yang dibutuhkan Odha anak yang rata-rata usianya berkisar 4 hingga 8 tahun.

Selain mengumpulkan dana, peserta aksi juga membagikan beberapa brosur berisi informasi tentang cegah HIV/Aids kepada masyarakat.

"Kami mengajak masyarakat untuk berkomitmen bersama-sama menanggulangi HIV/Aids demi menekan laju epidemi HIV/Aids di Indonesia," ucapnya.

Berdasarkan tema aksi yakni "Bengkulu Nol Stigma" para relawan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menghapus stigma bagi Odha dan mengajak masyarakat untuk berani tes HIV/Aids di berbagai layanan yang tersedia.

Berdasarkan penjangkauan yang dilakukan Yayasan Kipas, terdapat sebanyak 871 Odha di wilayah Provinsi Bengkulu dan dari jumlah tersebut baru 155 orang yang mengakses obat anti-retroviral (ARV).