Menanti buah reformasi di Asian Games 2018

id asian games 2018,inasgoc,inapgoc,asian games,bulu tangkis,prestasi olahraga melorot,wapres jusuf kalla,jakabaring,jsc,asian games jakarta-palembang

Menanti buah reformasi di Asian Games 2018

Warga berjalan di samping display promosi Asian Games 2018 di Kawasan Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (20/4). Pemerintah akan meningkatkan promosi Asian Games untuk menggaungkan perhelatan olahraga negara-negara Asia yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September mendatang. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww/18.

....Jika ditarik lagi ke belakang, dalam dua dekade terakhir atau 20 tahun berjalannya era reformasi sejak 1998, lebih banyak kabar mengenai kegagalan dan penurunan prestasi olahraga Indonesia di tingkat dunia....
Bangkok (ANTARA News Sumsel) - Tahun 2018 dapat disebut tahun olahraga yang bakal dicatat dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, karena di tahun inilah Indonesia akan menggelar Asian Games, pesta olahraga terbesar se-Asia.         

Kesempatan untuk bisa menggelar Asian Games merupakan hal yang langka karena selain harus merasa sudah siap dan berani untuk menyelenggarakan "event" besar tersebut, juga  harus mendapat kepercayaan dari komunitas olahraga Asia, bahwa Indonesia memang layak untuk dipilih.         

Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah Asian Games pada 1962 atau 56 tahun silam, pada masa kepemimpinan Presiden Soekarno.

Dan kini, setelah melalui beberapa kali pergantian kepemimpinan hingga memasuki era reformasi, ditandai dengan runtuhnya rezim Orde Baru pada 1998, Indonesia kembali mendapat kesempatan langka untuk menggelar Asian Games.   
      
Wapres Jusuf Kalla selaku Ketua Tim Pengarah Asian Games 2018 sudah mencanangkan target sukses penyelenggaraan dan juga sukses prestasi olahraga nasional.

Indonesia ditargetkan bisa masuk peringkat 10 besar dalam Asian Games di negeri sendiri.         

Menjelang pelaksanaan Asian Games yang tinggal kurang dari tiga bulan lagi, selayaknya jika ada sejumlah catatan prestasi olahraga yang bisa dibanggakan pada tahun ini, untuk menegaskan bahwa olahraga Indonesia sedang bangkit dan mampu meraih target 10 besar Asia.       

Sayangnya, belum banyak momentum prestasi olahraga yang bisa membanggakan menjelang Asian Games 2018.

Bahkan, jika ditarik lagi ke belakang, dalam dua dekade terakhir atau 20 tahun berjalannya era reformasi sejak 1998, lebih banyak kabar mengenai kegagalan dan penurunan prestasi olahraga Indonesia di tingkat dunia.         

Pada Asian Games, sejak meraih peringkat kedua pada 1962, peringkat terbaik yang pernah dicapai olahraga Indonesia adalah urutan keenam di Bangkok pada 1966 dan New Delhi pada 1982.

Selanjutnya, Indonesia terus terlempar dari 10 besar Asia, dan terakhir di Asian Games Incheon 2014 kontingen Merah-Putih harus puas di peringkat umum ke-17.         

Di tingkat Asia Tenggara, pada perhelatan SEA Games, Indonesia sulit menduduki peringkat umum teratas, kecuali saat menjadi tuan rumah pada 2011.    
     
Selebihnya, Indonesia harus mengakui kemajuan olahraga yang dicapai negara tetangga.

Terakhir pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Indonesia bahkan terpuruk di urutan kelima, di bawah Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Singapura.         

Pada cabang paling populer, sepak bola, pada era reformasi ini pun tidak banyak catatan prestasi emas yang bisa dibanggakan dalam 20 tahun terakhir, kecuali keberhasilan Timnas U-19 menjuarai Piala AFF 2014.         

Idealnya, dengan makin banyaknya fasilitas pendukung olahraga yang dibangun pada era reformasi ini, seharusnya juga bisa mencetak atlet-atlet yang prestasinya lebih bagus dibandingkan dengan era sebelumnya.  
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (tengah) berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono (kanan depan), Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (kedua kiri) dan pejabat lainnya saat meninjau Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (7/12). Menurut Wapres Jusuf Kalla sejumlah pembangunan arena Asian Games 2018 di Palembang rampung akhir Desember 2017. (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/17)
 
                 Bulu tangkis         
Cabang bulu tangkis mungkin bisa menjadi penghibur jika berbicara soal prestasi olahraga Indonesia pada era reformasi, meskipun banyak terjadi pasang surut untuk mengembalikan supremasi dunia.         

Setidaknya, sejak Olimpiade Barcelona 1992 dan Atlanta 1996, cabang bulu tangkis dalam 20 tahun terakhir dapat mempertahankan tradisi medali emas di Olimpiade Sydney 2000, Athena 2004, Beijing 2008, dan Rio de Janeiro 2016.     
    
Namun, persaingan ketat dalam perbulutangkisan dunia membuat Indonesia tidak bisa lagi mendominasi cabang olahraga ini.

Salah satunya adalah kejuaraan Piala Thomas, yang disebut sebagai barometer kekuatan suatu negara pada cabang bulu tangkis beregu putra dunia.         

Indonesia sudah 13 kali meraih trofi Piala Thomas, terakhir pada 2002. Setelah itu, tim bulu tangkis putra Indonesia sulit untuk bisa meraih kembali lambang supremasi tersebut.         

Tahun ini, pada Piala Thomas yang digelar di Bangkok, Thailand, 20-27 Mei, Indonesia kembali mencoba bangkit untuk meraih juara, setelah pada dua tahun lalu hanya menjadi finalis.         

PBSI sendiri sudah mencanangkan target bagi tim bulu tangkis putra Indonesia tahun ini, yakni meraih kembali trofi Piala Thomas yang sudah 16 tahun berada di negara lain.         

Pada Minggu, 20 Mei, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan kawan-kawan akan memulai pertandingan pertama Piala Thomas melawan Kanada.   
      
Selain dari cabang bulu tangkis yang  terbilang masih bisa menjaga prestasi di level atas dunia, masyarakat Indonesia tampaknya harus sabar menunggu "buah reformasi" yang berwujud prestasi atlet di berbagai bidang olahraga.    
     
Berbagai perubahan seiring dengan bergulirnya era reformasi tersebut dijalankan seperti diterbitkannya Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional pada 2005.

Selain itu, upaya pembenahan berupa penegakan supremasi hukum dan membangun birokrasi yang bersih dan bebas KKN yang juga bisa diterapkan dalam pengelolaan olahraga.   
      
Menjelang pelaksanaan Asian Games 2018, semangat reformasi birokrasi di bidang olahraga juga terus ditegakkan. Di antaranya yang dilakukan Kemenpora yakni memangkas birokrasi yang selama ini menjadi kendala bagi pembinaan cabang-cabang olahraga.
Pebulu tangkis Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir menggigit medali emas yang didapat usai mengalahkan pasangan Malaysia Peng Soon Chan dan Liu Ying Goh dua set langsung dalam partai final ganda campuran bulu tangkis Olimpiade Rio 2016 di RIo de Janeiro, Brazil, Rabu (17/8). Pasangan tersebut menyumbangkan emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Rio 2016. ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Blake/foc/lmo/16.

Pengelola cabang olahraga kini bisa langsung mendapat dana bantuan dari pemerintah untuk menjalankan pelatnas Asian Games tanpa melalui birokrasi yang berbelit.         

"Birokrasi harus lebih fleksibel dan terbuka, pemerintah tetap berkomitmen untuk memangkas birokrasi organisasi olahraga di Indonesia menyusul rencana penghapusan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima)," kata Menpora Imam Nahrawi terkait penghapusan salah satu unit di kementeriannya beberapa waktu lalu, untuk mempermudah pengurusan pendanaan bagi cabang-cabang olahraga yang disiapkan untuk Asian Games 2018.         

Dalam penegakan hukum, panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC), seperti dikemukakan ketua umum Erick Thohir, telah menyatakan tekad untuk menerapkan administrasi yang bersih dari korupsi.         

"Kami telah menggandeng pihak  TP4P Kejaksaan Agung dalam pengadaan barang dan jasa di INASGOC. Hal ini tak lain demi menjaga akuntabilitas dan transparansi," ujar dia.         

Pada Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus hingga 2 September mendatang, diharapkan buah kerja keras era reformasi ini dapat dipetik, berupa penyelenggaraan yang sukses, keberlanjutan manfaat ekonomi yang bisa dirasakan masyarakat, dan tentunya kebanggaan jika para atlet Indonesia berhasil meraih juara.
(T.T004/M.H. Atmoko)