Menristekdikti mendorong lulusan ciptakan lapangan pekerjaan baru

id Mohamad Nasir,lulusan s1,lapangan pekerjaan,lowongan kerja,berita sumsel,berita palembang

Menristekdikti mendorong lulusan ciptakan lapangan pekerjaan baru

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir (ANTARA /M Agung Rajasa)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mendorong lulusan perguruan tinggi untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan memanfaatkan Revolusi Industri 4.0.

"Lulusan perguruan tinggi tidak hanya dituntut mampu bekerja di perusahaan dan instansi lainnya, namun juga memiliki jiwa kewirausahaan untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan memanfaatkan peluang yang muncul dari Revolusi Industri 4.0," ujar Menristekdikti saat orasi ilmiah pada acara wisuda ke-71 Universitas Tarumanaga di Jakarta, Sabtu.

Nasir memberi contoh bagaimana cara pandang generasi muda saat ini telah banyak berubah yang dibuktikan dengan banyaknya generasi muda yang mempunyai perusahaan pemula dengan nilai aset yang cukup besar. Misalnya saja GoJek, kemudian RuangGuru, yang mana pendirinya merupakan para anak muda.

Oleh karena itu, dia mendorong agar perguruan tinggi membekali mahasiswanya dengan kompetensi yang tepat untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0.

"Tujuannya agar terus mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bangsa," tambah dia.

Perguruan tinggi semakin dituntut untuk mempersiapkan para mahasiswanya akan pekerjaan yang belum ada, selain menciptakan iptek yang inovatif, adaptif, kompetitif sebagai konsep utama daya saing dan pembangunan bangsa.

"Secara khusus, saya mengharapkan banyak lulusan dari Universitas Tarumanagara yang menjadi pengusaha, yang bisa menjadi contoh baik untuk kampus kampus lain di Indonesia," tutur Nasir.

Rektor Universitas Tarumanagara, Agustinus Purna Irawan, meminta para lulusan perguruan tinggi untuk selalu terus meningkatkan kompetensi dan kemampuan di berbagai bidang kehidupan agar tidak tertinggal dengan kemajuan teknologi.

"Lulusan Universitas Tarumanagara, harus mampu meningkatkan kompetensi di berbagai bidang sesuai kebutuhan revolusi industri 4.0 agar tidak tertinggal dengan kemajuan teknologi dan peradaban di bidang yang ditekuni,' kata Agustinus.

Koordinator Kopertis Wilayah III Illah Sailah berharap lulusan Universitas Tarumanagara menjadi pribadi yang bermakna, menjaga integritas, berkarakter Pancasila, dan mampu mengimplementasikan kompetensinya.