Perguruan tinggi jangan hanya sekadar transfer ilmu

id kampus,universitas,perguruan tinggi,pendidikan,mengajar,dosen,dekan,mahasiswa,berita sumsel,berita palembang

Perguruan tinggi jangan hanya sekadar transfer ilmu

Ilustrasi (Ist)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Mantan Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) Hariadi Darmawan meminta perguruan tinggi tidak hanya sebagai tempat untuk sekadar transfer ilmu namun harus menjadi tempat pembentukan karakter.

"Perguruan tinggi bukan hanya tempat untuk transfer ilmu tetapi pembentukan karakter untuk mengabdi pada masyarakat," ujar Hariadi saat membuka diskusi "20 Tahun (Belum Tuntasnya Reformasi)" di Jakarta, Sabtu.

Dia menambahkan sebagian besar perguruan tinggi saat ini lebih banyak menghasilkan lulusan dengan berbagai gelar, namun tidak memiliki karakter perjuangan dan pengabdian pada bangsa.

"Inti dari pendidikan adalah pembentukan karakter bukan kepintaran. Karakter yang memiliki unsur pengabdian pada masyarakat," tambah dia.

Hariadi menilai belum banyak perubahan selama 20 tahun Reformasi. Menurut dia, sulit bagi bangsa Indonesia untuk maju selama kepemimpinan belum memiliki jiwa yang benar-benar mengabdi untuk kepentingan rakyat.

Sementara itu aktivis mahasiswa UI 1998, Taufik Basari, mengatakan pascareformasi belum ada perubahan total dalam penegakan hukum dan pada sistem peradilan. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya konsep yang mendasar pascalengsernya Soeharto.

"Kenyataannya pas Soeharto jatuh, kekuasaan masih dipegang oleh orang-orang yang berada di lingkup Soeharto," kata Taufik.

Kini sejak 20 tahun reformasi, Taufik menilai telah ada perubahan pada penegakan hukum meskipun belum optimal. Ke depan, Taufik berharap reformasi dapat berdampak di berbagai bidang terutama penegakan hukum.