Satgas Kodim Mura latihan posko karhutla

id posko kebakaran hutan,karhutla, kebakaran,hutan,korem gapo,kodim mura,personel tni,prajurit tni

Satgas Kodim Mura latihan posko karhutla

Dokumen - Kesigapan Penanggulangan Karhutla Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol M Iriawan (kedua kanan) didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto (ketiga kanan) dan Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto (kanan), melihat persiapan perlengkapan pemadam api pada Apel Supervisi dan Asistensi Penanggulangan Karhutla di Posko Karhutla Ogan Ilir, Sumatra Selatan, Selasa (15/8). Asistensi dan Supervisi yang dilakukan Asops Kapolri ini memastikan kesiapan penanggulangan Karhutla di Sumsel terutama di Posko Karhutla Ogan Ilir. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/17)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Satuan Tugas bencana dari Kodim 0406/ Musirawas melaksanakan latihan Pos Komando untuk menyiapkan personel dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Latihan Posko I Tahun 2018 merupakan salah satu metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan kerja Komandan dan Staf dalam merencanakan, kata Kasiops Korem 044/Gapo Letkol Inf Andik Siswanto di Musirawas, Jumat.

Selain itu latihan tersebut untuk mempersiapkan dan melaksanakan operasi dalam menghadapi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang terjadi dalam bantuan penanggulangan bencana alam, kata dia.

Oleh karena itu latihan Posko itu penting terutama untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games sehingga kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan tidak serta kebun tidak boleh terjadi, ujar dia.

Sementara itu Kapenrem 044/Gapo Mayor Inf Aris Barunawan mewakili Danrem 044/Gapo saat meninjau latihan mengatakan, kegiatan latihan tersebut dipimpin Komandan Kodim 0405/Lahat Letkol Czi Sri Hartono yang dipusatkan di Makodim 0406/Mura.

Latihan Posko I ini untuk memantapkan tugas yang didapatkan dalam menanggapi, menangani dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat, ujar dia.

Dia mengatakan, selain itu untuk mencegah agar kerawanan tidak berkembang yang dapat mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah, ujar dia.

Dia mengatakan, latihan tersebut untuk mempersiapkan personel TNI jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam khususnya asap akibat kebakaran hutan, kebun dan lahan yang sering terjadi di wilayah ini.

Dengan latihan Posko I ini dalam mempersiapkan personel TNI jika sewaktu-waktu diturunkan kelapangan untuk penanganan bencana alam, tambah dia.