Kabupaten OKU terima bantuan penerangan listrik tenaga surya

id listrik tenaga surya,pembangkit listrik tenaga surya,listrik,pemkab oku,penerangan listrik

Kabupaten OKU terima bantuan penerangan listrik tenaga surya

Dokumen - Sejumlah pekerja memasang rangka solar panel pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/17)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mendapat bantuan penerangan listrik tenaga surya untuk dipasang di 500 titik beberapa kawasan penduduk yang belum memiliki fasilitas tersebut.

"Bantuan pemerintah pusat untuk pemasangan aliran listrik gratis sebanyak 500 titik ini bukan jaringan listrik PLN tapi adalah jaringan tenaga surya. Jadi benar-benar membantu masyarakat," kata Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis di Baturaja, Kamis.

Dia menegaskan, dengan adanya bantuan ini pihak terkait sebagai pelaksana pemasangan fasilitas tersebut agar melakukan pendataan masyarakat penerima bantuan sehingga benar-benar tepat sasaran.

Bantuan penerangan itu harus diberikan kepada yang berhak menerimanya jangan sampai dinikmati oleh oknum tertentu ataupun pejabat yang tidak layak menerima.

"Apalagi diberikan atau dipasangkan di kebun-kebun milik pejabat. Jangan sampai itu terjadi," tegasnya.

Dia menjelaskan, peruntukan batuan listrik tenaga surya dari pemerintah pusat ini untuk dipasang di desa-desa atau talang yang belum dialiri listrik.

"Saya ingatkan sekali kepada pihak terkait agar melakukan pendataan penerima batuan dengan benar. Sebab pemasangan harus tepat sasaran kepada yang benar-benar membutuhkan," kata dia.

Selain Kabupaten OKU, lanjut dia, terdapat kabupaten dan kota lain yang ada di Indonesia juga mendapat bantuan pemasangan aliran listrik secara gratis.

"Alhamdulillah termasuk OKU pada tahun ini menerima bantuan dari pemerintah pusat tersebut," ujarnya.