Rini Soemarno: Sinergi BUMN tingkatkan efisiensi penggunaan modal

id Rini Soemarno,menteri BUMN,sinergi bumn,kemajuan bumn,berita sumsel,berita palembang,PT Semen Indonesia,PT Hutama Karya,PT Semen Baturaja

Rini Soemarno: Sinergi BUMN tingkatkan efisiensi penggunaan modal

Menteri BUMN Rini Soemarno (ketiga kanan) saat meninjau Pabrik PT Pupuk Sriwidjaja II B di Palembang. (ANTARA Sumsel News/Nova Wahyudi/dol)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Menteri Rini Soemarno meminta perusahaan milik negara terus memperkuat sinergi dalam meningkatkan efisiensi dan optimalisasi penggunaan modal negara yang disertakan kepada BUMN.

"Kerja sama antar BUMN merupakan manifestasi nyata dari sinergi dan persaudaraan antar BUMN yang terangkum dalam semangat "One Nation, One Vision, One Family for Excellence", kata Rini di Kantor Kementerian BUMN di Jakarta, Kamis.

Pada kesempatan itu, Rini menyaksikan langsung penandatangan kerja sama antara PT Hutama Karya (Persero) dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk dan PT Hotel Indonesia Natour (Persero).

Kerja sama antara Hutama Karya, Semen Indonesia, dan Semen Baturaja terkait penyediaan produk semen dan turunannya, termasuk mengenai sinergi pengelolaan proyek.

Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo, mengatakan, HK akan bersinergi dengan Semen Indonesia dan Semen Baturaja dalam penyediaan produk semen untuk mendukung kegiatan usaha HK.

"Sinergi ini dilaksanakan dengan memperhatikan nilai kompetitif milik Semen Indonesia dan Semen Baturaja terhadap industri semen secara nasional," ungkap Bintang.

Di samping itu, Semen Baturaja akan memanfaatkan jasa lain dari Semen Indonesia dan Semen Baturaja, meliputi jasa logistik, fabrikasi, dan layanan sistem informatika.

Pada kesempatan yang sama, Hutama Karya juga sepakat bekerja sama dengan Hotel Indonesia Natour (HIN) bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, mengenai revitalisasi Kawasan Hotel Grand Inna Bali.

Sinergi meliputi pembangunan dan investasi melalui pendirian kerja sama usaha/Joint Venture (JV), penyusunan perjanjian Bangun Guna Serah/Build Operate Transfer (BOT), dan persiapan peletakkan batu pertama (ground-breaking).