Mantan bek Inggris Wilson tutup usia

id Ray Wilson,bek timnas inggris,berita sumsel,berita palembang,Bill Shangkly,Huddersfield Town,Stadion Wembley

Mantan bek Inggris Wilson tutup usia

Ray Wilson. (Mirrorpix)

London (Antara/Reuters) - Bek yang turut membawa Inggris menjuarai Piala Dunia 1966 Ray Wilson meninggal dunia pada usia 83 tahun, kata bekas klubnya Huddersfield Town pada Rabu. Wilson yang lahir di Derbyshire, yang mencatatkan 283 penampilan untuk Huddersfield antara 1952 sampai 1964, direkrut oleh Bill Shangkly dan kemudian mengukuhkan diri sebagai bek kiri pilihan pertama untuk klub dan negaranya.

Pada usia 31 tahun, ia merupakan pemain tertua di tim inti Inggris asuhan pelatih Alf Ramsey, yang mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2 pada final Piala Dunia 1966 di Stadion Wembley.

Wilson, yang 63 kali membela timnas Inggris, didiagnosa menderita penyakit Alzheimer pada 2004.

"Huddersfield Town terpukul saat mengetahui wafatnya sosok pemenang Piala Dunia Ramon "Ray" Wilson MBE pada usia 83 tahun," kata "The Terriers" dalam pernyataannya.

"Ray merupakan pemain tersukses dan pemain paling populer yang pernah mengenakan kaus Huddersfield Town, merupakan anggota kunci pada tim Inggris pemenang Piala Dunia pada 1966." Wilson pindah ke Everton dari Huddersfield pada 1964 dan membantu klub Merseyside itu menjuarai Piala FA dua tahun kemudian. "Pikiran semua orang di Everton Football Club bersama dengan istri Ray, Pat, para putranya Russel dan Neil, serta seluruh keluarga dan teman-temannya," kata klub dalam pernyatannya.

Wilson kemudian sempat bermain untuk Oldha Athletic dan kemudian menjadi manajer sementara di Bradford City, sebelum pensiun dari olahraga ini pada 1971.