Pertamina siap tambah fasilitasuntuk layani pemudik

id bbm,pertamina,berita sumsel,berita palembang,berita antara,layanan pemudik,bahan bakar minyak,Nicke Widyawati

Arsip- Layanan Mobile SPBU Pertamina. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Pertamina siap menambah fasilitasi yang diperlukan dalam rangka meningkatkan kenyamanan para pemudik serta membantu kelancaran pelaksanaan arus mudik Lebaran 2018.

"Pertamina sudah bentuk Satgas Lebaran," kata Plt. Dirut Pertamina Nicke Widyawati dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Menurut Nicke, pihaknya menyadari bahwa untuk Lebaran 2018 diperkirakan bakal ada kenaikan sekitar 11 sampai dengan 13 persen untuk pemudik di jalur darat, sebagian di antara mereka adalah pemudik dengan sepeda motor.

Selain itu, dengan adanya penambahan jalur tol, harus disiapkan tambahan untuk SPBU dan fasilitas dalam bentuk kios kemasan BBM.

Ketika terjadi kemacetan dan kendaraan sudah hampir habis BBM-nya, sedangkan SPBU masih jauh, bisa mengontak Pertamina yang akan memiliki sekitar 200 unit motor yang bakal melayani BBM para pemudik.

Selain untuk jalur darat, pihaknya juga telah menyiapkan pasokan BBM untuk moda transportasi laut dan udara.

"Kami sudah meningkatkan pasokan avtur mulai minggu kemarin," kata Nicke.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan pemerintah dan Polri agar mempersiapkan pelayanan mudik Lebaran 2018 secara menyeluruh demi keamanan dan kenyamanan pemudik.

"Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian serius agar musim mudik mendatang benar-benar lancar, aman, dan nyaman," kata Bambang Soesatyo di Jakarta, Selasa (15/5).

Menurut Bambang, puncak arus mudik Lebaran 2018 diperkirakan pada tanggal 9 s.d. 10 Juni 2018, sedangkan puncak arus balik diperkirakan pada tanggal 23 s.d. 24 Juni 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa kondisi mudik dan balik pada Lebaran 2018 akan lebih baik daripada tahun sebelumnya, menyusul sudah selesainya sejumlah ruas tol dan membaiknya jalan nontol.

"Pemerintah terus berupaya menyelesaikan infrastruktur jalan untuk mudik dan balik sehingga layak dan aman," kata Menhub Budi Karya kepada pers di Semarang, Rabu (16/5).

Menhub Budi menilai pelaksanaan arus mudik Lebaran pada tahun lalu sudah baik dan tahun ini diupayakan bisa lebih baik lagi dengan terus melakukan perbaikan, penyelesaian infrastruktur salah satunya tol dan jalan nontol.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar