Danrem Gapo pimpin apel siaga kebakaran hutan

id danrem gapo,danrem 044,apel siaga kebakaran hutan,kebakaran hutan,karhutla,hutan,asian games,kabut asap,antisipasi karhutla

Danrem Gapo pimpin apel siaga kebakaran hutan

Dokumen - Petugas gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel, Manggala Agni Daops Banyuasin, BPBD Kab Ogan Ilir, Pol PP Provinsi Sumsel, TNI dan Polri melakukan pemadaman kebakaran lahan di Desa Ibul Besar I, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Senin (21/8). (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol/17)

....Mari kita sukseskan perhelatan Asian Games XVIII Tahun 2018 dengan menciptakan Sumsel 'Zero' Asap....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Danrem 044/Garuda Dempo Kolonel Inf Iman Budiman memimpin apel siaga bencana dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di provinsi yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Danrem 044/Garuda Dempo saat apel siaga antisipasi kebakaran hutan dan lahan di Indralaya, Rabu mengatakan, apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan personel dan kesiapan sarana prasarana yang ada serta sebagai upaya untuk pencegahan dini dalam mengantisipasi kebakaran hutan, perkebunan dan lahan pada 2018 di Sumsel.

Selain itu apel siaga tersebut untuk mempermudah koordinasi antar instansi dan lembaga hingga bencana asap akibat kebakaran hutan, kebun dan lahan dapat tertangani dengan baik, kata danrem yang juga Komandan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan itu.

Kesiapsiagaan itu penting karena Palembang menjadi salah satu tempat pelaksanaan Asian Games 2018.

Bahkan, lanjut dia, Presiden RI Joko Widodo telah memerintahkan agar selama berlangsungnya perhelatan pesta olahraga se-Asia tersebut tidak muncul gangguan asap akibat kebakaran hutan dan lahan serta kebun.

Selain itu instruksi Gubernur Sumsel Alex Noerdin agar Sumsel pada 2018 `Zero` asap akibat kebakaran sehingga perlu bersatu padu dalam menghadapi ancaman bencana asap yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan dan lahan.

Memang, penegakan hukum harus diutamakan terhadap perusahaan dan perorangan yang telah diduga membakar hutan, kebun dan lahan secara sengaja dengan sanksi yang tegas serta berat yang dapat memberikan efek jera, kata dia.

"Mari kita sukseskan perhelatan Asian Games XVIII Tahun 2018 dengan menciptakan Sumsel 'Zero' Asap," katanya.

Dalam kesempatan itu Danrem juga minta seluruh pihak untuk bersatu dan bersinergis dengan mengerahkan seluruh kekuatan yang ada mulai dari tingkat desa dan kecamatan melalui Danramil, Kapolsek, Lurah, Kades, Babinsa, Babinkamtibmas tokoh agama agar dapat melakukan patroli secara rutin ke daerah-daerah yang rawan.

Selain itu perlu penyampaian informasi yang cepat dalam menanggapi kebakaran hutan, kebun dan lahan sekecil apapun, guna mencegah kebakaran semakin besar, kata dia.

Usai melaksanakan apel kesiapsiagaan personel dan peralatan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan serta kebun para tamu undangan dan seluruh peserta apel meninjau perlengkapan dan menyaksikan peragaan penanggulangan kebakaran oleh personel gabungan Satgas Sumsel.

Apel tersebut diikuti 1.500 personel dari TNI, Polri, dan instansi pemerintah terkait serta masyarakat peduli api maupun relawan serta dihadiri Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya dan Lingkungan Hidup Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Soewarso termasuk Kepala BPBD Sumsel.