Persediaan kebutuhan pokok di Sumsel cukup hingga lebaran

id sembako, lebaran, ramadhan, cukup,sumsel, gudang

Persediaan kebutuhan pokok di Sumsel cukup hingga lebaran

Dok.(ANTARA Sumsel/Feny Selly/17/i016)

 Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memastikan persediaan kebutuhan pokok untuk Ramadhan hingga Lebaran berdasarkan pantauan di gudang-gudang distributor lebih dari cukup.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar di Palembang, Rabu mengatakan, dirinya telah memerintahkan OPD terkait untuk memantau secara rutin perkembangan harga di pasar tradisional serta ketersediaan stok.

"Seperti yang lumrah terjadi setiap Ramadhan hingg menjelang Lebaran bakal ada peningkatan permintaan. Tapi sedapat mungkin harga tidak melonjak karena akan memberatkan masyarakat," kata dia.

Ia menjelaskan OPD terkait diminta untuk bergerak cepat jika terdapat bahan pokok yang kenaikan harganya terbilang tidak wajar.

"Segera meminta tambahan pasokan dari pemerintah pusat, atau dilakukan operasi pasar. Selain itu, harus dipastikan juga, jangan sampai ada distributor yang menimbun barang. Jika ada langsung laporkan ke Kepolisian," kata dia.

Harga kebutuhan pokok bergerak naik sejak sepekan terakhir karena dipengaruhi momen Ramadhan yang jatuh pada Kamis (16/5).

Tiga kebutuhan pokok yang menjadi perhatian yakni ayam potong, telur ayam dan bawang merah.

Berdasarkan pantauan di Pasar KM 5 Palembang,  harga ayam potong mencapai Rp45 ribu per kilogram dari semula hanya Rp28 ribu kilogram.

Kemudian, harga telur kini mencapai Rp24 ribu per kilogram dari semula hanya Rp19 ribu per kilogramnya dan bawang merah mencapai Rp40.000 per kilogram dari biasanya Rp25.000 per kilogram.

Rahman, salah seorang pedagang ayam potong di Pasar KM 5 Palembang mengaku kenaikan ayam dan telur cukup drastis.

"Meski naik, kata agen, stok tersedia mau mengambil berapa pun," kata dia.