Selama ramadhan, cuaca diperkirakan masih ekstrim

id BMKG,Cuaca ekstrim,Info sumsel,Palembang

Selama ramadhan, cuaca diperkirakan masih ekstrim

Kondisi cuaca di Palembang masih tergolong ekstrim, bahkan menjelang ramadhan. (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kondisi cuaca di Palembang masih tergolong ekstrim, bahkan menjelang ramadhan tahun ini.

“Untuk awal mei ini sampai pertengahan bulan ramadhan masih musim transisi dan kemarau” kata Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas I Nuga Putrantijo di Palembang, Selasa.
Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas I Nuga Putrantijo (15/5) (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin Matondang/18)

Nuga mengatakan karena Indonesia beriklim tropis, perkiraan cuaca untuk sepanjang ramadhan masih sulit dilakukan.

“Memang untuk sekarang perkiraan cuaca  untuk keseluruhan hari ramadhan masih sulit, namun solusinya ialah menggunakan radar cuaca yang secara realtime dapat melihat kumpulan awan, potensi hujan, angin kencang dan petir” ujarnya.

Cuaca ekstrim memang sudah lama dilanda Indonesia, salah satu penanggulangan yang dapat dilakukan tentu dari diri kita sendiri dengan menjaga ekosistem alam sebaik mungkin.

“Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dimanapun dan kapanpun baik itu di tempat terbuka ataupun di pepohonan yang berpotensi tumbang jika terjadi angin kencang” tutupnya.