Kapolda imbau masyarakat waspadai ancaman terorisme

id kapolda,terorisme,waspadai ancaman terorisme,kapolda sumsel,ancaman teroris,teror bom

Kapolda imbau masyarakat waspadai ancaman terorisme

Pangdam II Sriwijaya Mayjen AM Putranto dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain memimpin patroli keamanan di Kota Palembang, Minggu (13/5). Sebanyak 217 personel gabungan akan menyisir rumah ibadah gereja dan objek vital lain. (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

....Menghadapi aksi terorisme masyarakat jangan panik, tetap beraktivitas seperti biasa, namun perlu meningkatkan kewaspadaan....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengimbau masyarakat yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat agar mewaspadai ancaman terorisme.

"Ancaman terorisme seperti teror bom yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5) kemungkinan bisa saja terjadi di provinsi ini jika masyarakatnya tidak mewaspadai ancaman itu," kata Kapolda Sumsel di Palembang, Senin.

Menurut dia, peningkatan kewaspadaan jangan hanya dilakukan pada saat terjadinya aksi teror, tetapi harus dilakukan setiap saat dan jangan pula berlebihan sehingga mengganggu kenyamanan masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas rutin.

Aksi terorisme setiap saat bisa mengancam masyarakat, menghadapi kondisi tersebut, melalui kewaspadaan yang tinggi diharapkan bisa menutup celah pelaku kejahatan itu melakukan tindakan yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Menghadapi aksi terorisme masyarakat jangan panik, tetap beraktivitas seperti biasa, namun perlu meningkatkan kewaspadaan," ujarnya.

Dia menjelaskan, tujuan aksi terorisme untuk membuat resah serta mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, oleh karena itu tidak perlu disikapi berlebihan.

Jika masyarakat melihat ada seseorang atau sekelompok orang yang dicurigai sebagai pelaku teror dan berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat diminta segera melapor ke petugas keamanan terdekat.

Untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan ketertiban masyarakat, pihaknya juga memerintahkan seluruh jajaran Satuan Wilayah untuk meningkatkan kesiap siagaan dan pengamanan wilayah masing-masing.

Seluruh personel di jajaran Polda Sumsel diperintahkan untuk melakukan tindakan cipta kondisi yang dapat meminimalkan ruang gerak orang-orang yang akan melakukan aksi teror, membuat gangguan keamanan dan meresahkan masyarakat.

Melalui tindakan kepolisian dan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat, diharapkan wilayah Sumsel yang selama ini sangat kondusif dapat terus terpelihara dan berbagai aktivitas masyarakat dapat berjalan dengan baik, kata Kapolda.