Atletico amankan peringkat kedua Liga spanyol

id atletiki,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,la liga,liga spanyol,atletiko,Atletico Madrid

Atletico amankan peringkat kedua Liga spanyol

Atletico Madrid (ANTARA)

Madrid (Antara/Reuters) - Atletico Madrid mengamankan peringkat kedua di Liga Spanyol dan memastikan mereka akan finis di atas Real Madrid untuk pertama kalinya dalam empat tahun, setelah meraih kemenangan 1-0 di markas Getafe pada Sabtu ketika Villarreal mengunci spot otomatis ke Liga Europa berkat kemenangan 4-2 atas Deportivo La Coruna.

Real Betis memainkan pertandingan "derby" lokal yang menarik dengan Sevilla yang berakhir imbang 2-2, untuk membuat mereka mendapatkan satu tempat di Liga Europa dan mereka akan finis di atas rival sekota untuk pertama kalinya dalam lima musim, meski koleksi poin memastikan Sevilla berada di peringkat ketujuh dan mendapatkan tiket playoff untuk kompetisi strata kedua di Eropa.

Gareth Bale mencetak dua gol bagus pada apa yang dapat menjadi penampilan terakhirnya di Santiago Bernabeu, ketika Real Madrid menghancurkan Celta Vigo dengan skor 6-0 pada pertandingan kandang terakhir mereka musim ini.

Atletico berada di peringkat kedua klasemen dengan 78 poin, unggul tiga poin atas Real Madrid dengan satu pertandingan tersisa dan rekor head-to-head Atletico yang superior membuat mereka akan finis di atas tetangganya untuk pertama kalinya sejak menjadi juara pada 2014.

Villarreal berada di peringkat kelima dengan 60 poin, Betis di peringkat keenam dengan 60 poin, dan Sevilla di peringkat ketujuh dengan 55 poin, unggul tiga poin atas Getafe dan memiliki rekor head-to-head yang lebih baik dibanding klub asal Madrid tersebut.

Tim juara Barcelona, dengan 90 poin, akan mengunjungi Levante pada Minggu.

Pelatih Atletico Diego Simeone menurunkan tim dengan kekuatan penuh saat melawan rival sekota Getafe, meski timnya akan memainkan pertandingan final Liga Europa melawan Olympique de Marseille Rabu depan, dan timnya membuka keunggulan pada menit kedelapan ketika gelandang Koke mengarahkan bola ke sudut gawang.

Getafe mendapatkan hadiah penalti pada akhir babak kedua, namun kiper Atletico Jan Oblak menebak arah bola dengan tepat dan menggagalkan eksekusi gelandang Maroko Faycal Fajr untuk mempertahankan keunggulan tim tamu.

Pria Slovenia itu melakukan penyelamatan bagus lainnya menjelang pertandingan usai, menepis sundulan ke atas mistar gawang untuk memastikan Getafe harus memberikan peringkat ketujuh kepada Sevilla, menggagalkan mereka kembali ke kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam satu dekade.

"Kami ingin menghormati Liga Spanyol seperti yang selalu dilakukan, kami tidak tahu bagaimana bersaing dengan cara yang lain," kata pelatih Atletico Simeone, menjelaskan mengapa ia tetap menurunkan tim terbaik saat begitu dekat dengan final Liga Europa.

"Hal terbaik bagi kami adalah untuk mengikuti jalan yang sama sebagaimana yang selalu dilakukan saat melawan tim hebat." Melejit ke depan Bale mencetak gol pertama saat Real menghancurkan Celta dengan larinya yang melejit ke depan dan melakukan penyelesaian mendatar.

Penyerang Wales itu menggandakan keunggulan timnya dengan bergerak memotong di dekat tiang tendangan sudut dan mengirimkan bola ke sudut jauh.

Gol-gol dari Isco, Achraf Hakimi, Toni Kroos, gol bunuh diri bek Celta Sergi Gomez melengkapi pesta Real, yang tidak diperkuat Cristiano Ronaldo karena cedera pergelangan kaki dan kapten Sergio Ramos yang diistirahatkan menjelang final Liga Champions melawan Liverpool pada 26 Mei.

Betis membuka keunggulan saat melawan rival abadinya Sevilla, ketika bek Marc Bartra menanduk bola dari tendangan sudut, namun tim tamu, yang menang 3-2 atas Real Madrid pada Rabu, membalikkan situasi setelah menggebrak melalui gol-gol Wissam ben Yedder dan Simon Kjaer.

Penyerang Betis Loren memasukkan bola setelah gol Kjaer untuk memastikan timnya tidak akan harus memainkan tiga putaran playoff menuju Liga Europa.

Villarreal unggul 3-0 pada babak pertama di markas Deportivo yang telah teregradasi, namun keunggulannya terpangkas dua gol sebelum pemain internasional Rusia Deportivo but it was cut by two goals before Russia international Denis Cheryshev menambah keunggulan timnya menjelang laga usai untuk membawa mereka menang 4-2.