Kemenkes kembangkan layanan kesehatan gugus pulau

id kesehatan,dokter,kesehatan masayarakat indonesia,berita sumsel,berita palembang,Nila Moeloek,menteri kesehatan indonesia,berita antara

Kemenkes kembangkan layanan kesehatan gugus pulau

Petugas mempersiapkan ruang Psikiatri yang akan digunakan pasien lanjut usia untuk pemeriksaan fisik di Poli Geriatri atau Poli Lanjut usia (Lansia). ( ANTARA News Sumsel./Feny Selly/Ang/18)

Namlea, Pulau Buru (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengembangkan layanan kesehatan berbasis gugus pulau untuk memenuhi akses kesehatan bagi penduduk di kepulauan.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan, di Namlea, Kabupaten Buru, Sabtu, pemerintah fokus menyediakan fasilitas kesehatan tingkat pertama di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan sejak 2017 untuk pemerataan akses layanan kesehatan.

"Dengan puskesmas kita perbanyak di daerah terpencil, perbatasan itu, juga merupakan terobosan yang kita buat," kata Nila.

Layanan kesehatan berbasis gugus pulau, di tiap gugus pelayanan akan dibangun rumah sakit pratama dalam rangka mendekatkan aktivitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Menkes Nila juga menyebutkan pada 2017 pemerintah telah membangun 110 puskesmas baru di daerah terpencil, perbatasan, kepulauan dengan standar yang sama di seluruh Indonesia.

Pada puskesmas tersebut sudah dilengkapi dengan ruang UGD, ruang bedah, berbagai poliklinik, laboratorium, dan ruang perawatan.

Namun Menteri Nila meminta agar pemerintah daerah juga menyelesaikan pembangunan puskesmas tersebut.

"Tapi daerah juga harus selesaikan, jangan kita sudah ngasih mereka nggak selesaikan, percuma. Tahun 2017 dari 124 DAK afirmatif 110 selesai, ada beberapa nggak selesai," kata Nila.