Jelang Asian Games Museum SMB II ditutup untuk perbaikan

id Museum Sultan Mahmud Badaruddin II,Museum,Palembang,Info sumsel,Berita sumsel

Jelang Asian Games Museum SMB II ditutup untuk perbaikan

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II ditutup sementara untuk perbaikan menyambut Asian Games 2018 (10/5/18) (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Kami mengusahakan agar pengunjung tidak bosan berkunjung ke museum, jangan sampai ketika mereka datang kondisinya seperti itu-itu saja, apalagi jelang Asian Games kemungkinan besar akan banyak pengunjung
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kebudayaan Kota Palembang melakukan perbaikan bangunan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II menjelang Asian Games 2018.

"Beberapa bagian bangunan kami perbaiki misalnya atap kami cat ulang dan koleksi-koleksi dari lantai atas dipindahkan ke lantai bawah," kata Kepala Bidang Cagar Budaya dan Pemuseuman Dinas Kebudayaan Kota Palembang Abdul Gani, Jumat. 

Menurutnya konsep ruangan dan tata letak koleksi akan dirubah, yakni bagian lantai atas khusus untuk rumah residen kesultanan Palembang dan lantai bawah peruntukan barang koleksi museum. 
Kepala Bidang Cagar Budaya dan Pemuseuman Dinas Kebudayaan Abdul Gani (11/5/18) (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Selain itu akses tangga museum lantai atas dan bawah yang selama ini tertutup akan dibuka sehingga alur pengunjung dikondisikan masuk dari lantai atas lalu keluar dari lantai bawah. 

Jendela dan pintu museum juga akan dibuka setiap hari agar kondisi ruangan lebih terang, alami dan siklus udara tidak pengap. 

"Kami mengusahakan agar pengunjung tidak bosan berkunjung ke museum, jangan sampai ketika mereka datang kondisinya seperti itu-itu saja, apalagi jelang Asian Games kemungkinan besar akan banyak pengunjung," jelas Gani.
Tampak perbaikan di dalam Museum SMB II yang tengah diperbaiki (11/5/18) (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Dia mengatakan museum SMB II yang dibangun tahun 1823 tersebut saat ini memiliki 556 koleksi dan setelah bangunan selesai diperbaiki akan ada koleksi baru yang masuk berasal dari hibah para kolektor.

Selama perbaikan Meseum ditutup untuk umum sejak awal Mei 2018 hingga perbaikan selesai. Hal ini terlihat dari pengumuman yang ditempel didepan pintu masuk museum.