HIMPAUDI OKU luncurkan gerakan nasional membaca buku

id Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini,HIMPAUDI,berita sumsel,berita palembang,Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku

HIMPAUDI OKU luncurkan gerakan nasional membaca buku

Arsip- Sejumlah siswa dan guru memilih buku yang tersedia di mobil perpustakaan keliling pada pekan membaca . (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, meluncurkan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku guna meningkatkan minat baca anak di rumah.

Ketua Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Ogan Komering Ulu (OKU), Rofiatun di Baturaja, Rabu mengatakan,dalam meluncurkan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) tersebut pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan wilayah setempat.

"Gernas Baku yang baru diresmikan 5 Mei 2018 ini kami gelar sekaligus menindaklanjuti Rakornas HIMPAUDI diselenggarakan di Kota Bandung pada 25-26 Februari lalu," katanya.

Dia menjelaskan, Gernas Baku merupakan sebuah gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasan di rumah, tempat belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan ditengah masyarakat.

"Jadi dengan Gernas Baku ini anak tidak hanya belajar di sekolah saja melainkan juga mendapat pendidikan di rumah dengan dibiasakan membaca buku," ujarnya.

Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan membiasakan orang tua membaca buku bersama anak sekaligus mempererat hubungan emosional antara ibu dan buah hatinya.

"Hal ini agar anak terbiasa dengan buku dan dapat mendidik anak menjadi cerdas, kreatif dan inovatif," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan

OKU, Paranto secara terpisah mengajak semua lapisan masyarakat khususnya guru dan orang tua untuk menumbuhkan kebiasaan positif anak membaca buku.

"Diharapkan agar orang tua bisa menyempatkan waktu membacakan buku kepada anak-anaknya di rumah," kata dia.