Pejabat Pemkot Palembang gotong royong bersama warga

id gotong royong,pejabat pemkot gotong royong,pemkot palembang,pembersihan lingkungan,sampah,bersihkan sungai

Pejabat Pemkot Palembang gotong royong bersama warga

Sejumlah warga Kota Palembang melakukan gotong royong (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana/Ang/18/)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pejabat Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, merelakan waktu liburnya akhir pekan bergotong royong bersama warga membersihkan lingkungan permukiman penduduk, saluran air, serta sungai dari rumput liar dan sampah.

Kegiatan gotong royong pejabat dan pegawai Pemkot Palembang bersama warga di Kelurahan Lebak Murni, Kecamatan Sako, Palembang, Minggu, dipimpin Sekretaris Daerah Palembang Harobin Mastofa.

Sekda Palembang pada kesempatan itu mengatakan, kegiatan gotong royong yang dilakukan pejabat dan pegawai pemkot bersama warga yang rutin digelar setiap akhir pekan, untuk meningkatkakan kepedulian bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan di kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Kegiatan gotong royong yang dilakukan di kawasan permukiman penduduk, perkantoran, pasar tradisional dan tempat lainnya yang telah berjalan dengan baik setiap akhir pekan sejak dua tahun terakhir perlu ditingkatkan karena manfaatnya sangat besar.

Kegiatan gotong royong, selain dapat menciptakan lingkungan bersih juga mempererat tali silaturahim antarwarga kota dan jajaran pemkot.

Untuk itu, pihaknya berupaya motivasi semua pihak dan lapisan masyarakat bersama-sama membersihkan lingkungan permukiman dan tempat lainnya agar selalu bersih, indah, dan nyaman sebagai tempat tinggal serta melakukan berbagai aktivitas.

Untuk memotivasi semua pihak dan lapisan masyarakat bergotong-royong, jajaran Pemkot Palembang setiap Minggu pagi, rutin bersama-sama masyarakat turun ke sejumlah kawasan permukiman penduduk dan kawasan lainnya.

Kegiatan membersihkan kawasan permukiman penduduk, perkantoran, dan tempat lainnya bersama jajaran Pemkot Palembang yang telah berlangsung rutin setiap akhir pekan dalam beberapa tahun terakhir perlu dipertahankan dan diintensifkan lagi.

Kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk menjadikan kawasan permukiman penduduk dan lingkungan perkotaan secara umum bersih, indah, serta sebagai tempat tinggal dan beraktivitas yang nyaman dan sehat.

Dengan gotong-royong, saluran air dan sungai kawasan permukiman penduduk yang selama ini dipenuhi sampah serta ditumbuhi rumput liar menjadi bersih sehingga bau kurang enak dan genangan air saat hujan lebat turun dapat diatasi.

Melihat besarnya manfaat kegiatan tersebut, pihaknya mengajak seluruh warga kota untuk tetap menggalakkan kegiatan itu secara rutin pada setiap akhir pekan meskipun tanpa didampingi pihak kelurahan dan jajaran Pemkot Palembang.

Keberadaan pegawai dan pejabat pemkot hanya sebagai pemacu semangat untuk mengawali gotong-royong pada suatu kawasan, dan diharapkan bisa dilanjutkan semua pihak dan lapisan masyarakat dengan penuh kesadaran akan manfaat kegiatan itu menjadikan lingkungan bersih, sehat, indah, dan bebas genangan air beraroma kurang sedap, ujar Harobin.