Jejak Indonesia sediakan pakan lele sampai panen

id jejak indonesia,lele,ikan lele,budidaya lele,pakan

Jejak Indonesia sediakan pakan lele sampai panen

Pendiri LLH Jejak Indoensia Hendra A Setyawan bersama warga yang membudidayakan Ikan Lele dan sayuran organik di Kelurahan Talang Jawa, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana/I016/18)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Lembaga Lingkungan Hidup Jejak Indoensia Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menyediakan pakan ternak ikan lele yang dibudidayakan masayarakat di Kelurahan Talang Jawa sampai menghasilkan panen.

"Pakan lele menjadi tanggung jawab kami untuk menyediakan sampai panen," kata Pendiri Lembaga Lingkungan Hidup (LLH) Jejak Bumi Indoensia Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Hendra A Setyawan di Baturaja, Minggu.

Selain itu, kata dia, budidaya lele tahap awal ini pihaknya mendampingi para petani guna memantau perkembangan  yang dikelola masyarakat di Kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Baturaja Barat tersebut.

Menurut dia, langkah awal yang dilaksanakan oleh pihaknya yaitu dengan memberi materi pelatihan manajemen usaha budidaya ikan lele.

Saat ini tercatat sebanyak 13 orang masyarakat di Kelurahan Talang Jawa yang tergabung dalam kelompok budidaya lele.

Setiap kelompok yang didampingi oleh pihaknya sebagai upaya pemberdayaan masayarakat tersebut harus mengelola peternakan ikan lele sampai berhasil menghasilkan panen.

"Untuk pemasaran hasil panen nanti, anggota dari LLH Jejak Bumi Indoensia siap menampungnya," tegasnya.

Dalam pemberdayaan masayarakat ini, lanjut dia, sebelumnya pihaknya telah membuatkan dua kolam bioflok sekaligus memberikan bantuan 4.000 bibit ikan lele untuk dibudidayakan oleh masayarakat setempat.

"Kami berharap program ini dapat berhasil dalam pemberdayaan masayarakat sekaligus meningkatkan perekonomian warga di wilayah itu," ujar dia.