PT PLN Baturaja perbaiki jaringan menjelang Ramadan

id pln,pln baturaja,jaringan listrik,listrik,perbaiki listrik,jelang ramadan perbaiki listrik

PT PLN Baturaja perbaiki jaringan menjelang Ramadan

Perbaikan jaringan listrik (ANTARA News Sumsel/17)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - PT (Persero) PLN Rayon Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, akan memperbaiki jaringan listrik menjelang bulan suci Ramadan 2018 sehingga tidak terjadi pemadaman saat umat muslim melaksanakan ibadah puasa.

"Menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1439 Hijriyah, kami akan memperbaiki jaringan listrik di wilayah Baturaja," kata Manajer PT (Persero) PLN Rayon Baturaja area Lahat, Eduardus di Baturaja, Sabtu.

Selain melakukan perbaikan kontruksi jaringan, kata dia, pihaknya juga akan membersihkan tanam tumbuh yang ada di sekitar jaringan listrik.

"Kegiatan ini demi kehandalan suplai pasokan listrik di OKU. Berkaitan dengan itu, kami juga akan melakukan pemadaman pada Sabtu (5/5) mulai pikul 08:00 WIB hingga 16:00 WIB," katanya.

Dia mengungkapkan, di wilayah itu yang terkena dampak pemadaman antara lain Kecamatan Peninjauan, Sinar Peninjauan dan Kedaton Peninjauan Raya (KPR).

Terkait pemadaman listrik yang terjadi sebelumnya di sebagian wilayah Kota Baturaja disebabkan arrester atau alat pelindung bagi peralatan sistem tenaga listrik terhadap petir jebol hingga mengalami kebocoran.

Menurut dia, pihaknya kesulitan mendeteksi arrester mana yang jebol karena dari delapan gardu di sepanjang jalur VIP terdapat tiga arrester sehingga pemadaman terjadi dalam waktu yang lama.

"Sebab kami harus mencari satu persatu arrester yang mengalami kebocoran. Jika pemadaman disebabkan ledakan petugas dapat mengetahui lokasi mana yang diperbaiki karena terlihat kasat mata. Lain halnya kerusakan arrester apalagi saat malam hari tidak bisa diukur karena udaranya lembab," kata dia.

Oleh sebab itu lanjut dia, pihaknya belum dapat menemukan arrester yang mengalami kebocoran sehingga terpaksa memutus dua arrester masing-masing trafo di jalur VIP dengan berbagai risiko agar seluruhnya bisa beroperasi.

"Akibat adanya arrester mengalami kebocoran di jalur VIP, listrik padam di kawasan Kemelak Pemda, Karang Sari, Unbara, Kemiling, RS Holindo dan Sukaraya. Semua personel kami terjunkan untuk melakukan perbaikan," jelasnya.