Korea Utara gelar 'fun run' populerkan Asian Games 2018

id Korea Utara,Pyongyang,Asian Games 2018

Korea Utara gelar 'fun run' populerkan Asian Games 2018

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, berjalan bersama dalam perjumpaan bersejarah sejak Perang Korea bermula pada 1953. Mereka berjalan dalam upacara penyambutan di Desa Panjumjom, di mana garis demarkasi militer 38 derajad Lintang Utara terletak, pada 27 April lalu. Kedua pemimpin di Semenanjung Korea itu saling menyeberangi garis perbatasan kedua negara itu. (Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Kegiatan lomba lari gembira atau "fun run" berlangsung di Pyongyang, Ibukota Korea Utara, Selasa pagi waktu setempat, sebagai salah satu rangkaian kegiatan untuk mempopulerkan Asian Games ke-18 di Indonesia Agustus-September 2018.

"Hari ini, di tengah perhatian banyak orang, termasuk komunitas lokal di sini, kita sukses menggelar `fun run` untuk Asian Games ke-18," kata Wakil Ketua Komite Olimpiade Korut, Won Kil U, saat menghadiri acara tersebut, seperti dikutip laman resmi Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Ia juga berharap kegiatan "fun run" yang merupakan kerja sama Komite Olimpiade Korut, OCA dan Panitia Asian Games Indonesia (INASGOC) tersebut dapat membuat warga Korut semakin peduli pada Asian Games serta memacu semangat olahragawan Korut untuk meraih prestasi di pesta olahraga Asian 2018.

Ratusan peserta mengikut "fun run" tersebut yang berasal dari kalangan atlet, umum, dan perwakilan kedutaan negara asing.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Korut Bambang Heindrasto beserta 30 staf dan keluarga KBRI Pyongyang termasuk sebagai peserta lomba lari santai itu.

Sementara dari kalangan atlet adalah peraih emas angkat besi Olimpiade Om Yun Chol dan Rim Jong Sim.

"Asian Games Fun Run" di Pyongyang tersebut menempuh jarak lima kilometer dari Hall Angkat Besi dengan rute melewati sejumlah arena di kompleks olahraga Ibukota Korut tersebut.

Sebanyak 30 seri "fun run" digelar di berbagai negara di Asia sebagai kampanye menuju Asian Games di Jakarta dan Palembang 18 Agustus - 2 September 2018.

Kegiatan promosi dalam bentuk rangkaian "fun run" itu sendiri mulai diperkenalkan sejak Asian Games 2006.