WCC ajak pilih calon kepala daerah peduli perempuan

id wcc,wcc ajak pilih perempuan,pilkada,paslon,kpu,calon kepala daerah,pemilu,pilkada serentak

WCC ajak pilih calon kepala daerah peduli perempuan

Direktur Eksekutif WCC Palembang Yeni Roslaini Izi berdiskusi dengan kelompok yang didampingi WCC dalam perayaan Hari Perempuan Internasiona di Palembang, Rabu (8/3). (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana/17)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pusat Pembelaan Hak-hak Perempuan "Women`s Crisis Centre" Palembang, Sumatera Selatan, mengajak kaum perempuan memilih calon kepala daerah yang peduli dan mendukung pemenuhan hak-hak perempuan dalam pilkada 27 Juni 2018.

"Seruan perempuan 60 hari menjelang pilkada, pilih calon kepala daerah yang peduli dan mendukung pemenuhan hak-hak perempuan
untuk meningkatan kapasitas perempuan dan kesetaraan gender," kata Ketua Women`s Crisis Centre (WCC) Palembang Yeni Roslaini, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, dalam menentukan pilihan calon wali kota, bupati, dan gubernur, perempuan di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini, diimbau untuk memperhatikan visi misi dan program kerja calon tersebut.

Pemilih perempuan di daerah ini harus memastikan masalah hak kesehatan perempuan termasuk kesehatan seksual dan reproduksi perempuan masuk dalam agenda kepemimpinan calon yang akan dipilih.

Kemudian, perlu juga melihat dengan kritis agenda politik para calon dan memilih mereka yang mendukung agenda perubahan posisi perempuan untuk setara dengan laki-laki.

Jika visi misi dan program kerjanya peduli dan mendukung pemenuhan hak-hak perempuan tersebut, perempuan tidak hanya memantapkan pilihan kepada calon kepala daerah tersbeut tetapi juga wajib memperjuangkan kemenangannya.

Untuk memperjuangkan kepala daerah tersebut, WCC mengajak seluruh perempuan di daerah ini memonitor seluruh proses menuju hari H pemungutan suara pilada untuk memastikan pesta demokrasi rakyat itu bersih, bebas politik uang, intimidasi, isu SARA dan berbagai bentuk kekerasan lainnya.

Dalam pilkada 2018 ini, ada sembilan kabupaten dan kota akan melakukan pemilihan wali kota dan bupati, serta pimilihan gubernur periode 2018-2023, diharapkan semua kepala daerah yang terpilih sesuai dengan harapan perempuan di daerah ini, kata Yeni.