KPU: Enam calon anggota DPD RI serahkan berkas dukungan

id kpu,komisioner kpu,calon anggota dpd,dpd,dukungan syarat dpd,pemilu,pileg

KPU: Enam calon anggota DPD RI serahkan berkas dukungan

Komisioner KPU Sumsel Ahmad Naafi. (ANTARA News Sumsel/13/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak enam bakal calon peserta pemilu anggota Dewan Perwakilan Daerah RI (DPD) hingga 24 April 2018 sudah menyerahkan berkas dukungan ke KPU Sumatera Selatan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Ahmad Naafi di Palembang, Rabu mengatakan enam bakal calon anggota DPD yang sudah menyerahkan berkas dukungan tersebut pada hari pertama pendaftaran 22 April 2018.

Keenam bakal calon anggota DPD tersebut adalah Muhammad Aminuddin menyerahkan sebanyak 4.552 data dukungan yang tersebar di 12 kabupaten dan kota di Sumsel.

Sedangka lima orang lagi menyerahkan berkas dukungan pada 24 April 2018 yaitu Amaliah, Darwin Azhar, Ahmad Dailami, Yusuf Mekki dan Hj. Lucianty.

Ia merinci, Amaliah menyerahkan berkas pada 24 April 2018 sebanyak 3.976 data dukungan dengan 13 kabupaten dan kota sebaran. Kemudian Darwin Azhar menyerahkan syarat dukungan 4.761 data dukungan yang tersebar di 15 kabupaten dan kota.

Sedangkan Ahmad Dailami menyerahkan syarat dukungan 3.244 data yang tersebar di sembilan kabupaten dan kota dan Yusuf Mekki dengan syarat dukungan 3.856 tersebar di 11 kabupaten/kota serta Hj. Lucianty menyerahkan syarat dukungan 6.101 yang tersebar di 11 kabupaten dan kota.

"Sedangkan yang meminta akun sebanyak 40 orang dan submit 24 orang dan yang belum mengunggah data lima orang," jelasnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU Sumsel Liza Lizuarni mengatakan, bakal calon peserta pemilu anggota DPD RI yang berasal dari Sumatera Selatan, harus mengumpulkan dukungan minimal 3.000 orang yang tersebar paling sedikit 50 persen atau di sembilan kabupaten/kota se-Sumsel yang dibuktikan dengan E-KTP, katanya.