Musornaslub KONI verifikasi tiga tuan rumah PON 2024

id pon,koni,tuan rumah pon,daerah tuan rumah pon,pon 2024,berita sumsel,berita plembang,berita palembang,tuan rumah PON XXI

Musornaslub KONI verifikasi tiga tuan rumah PON 2024

Dokuementasi- Kembang api menyala di belakang replika Perahu Lancang Kuning, menandai berlangsungnya upacara penutupan PON XVIII. (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Musyawarah Organisasi Nasional Luar Biasa Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang berlangsung di Jakarta pada Selasa telah meloloskan tiga calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Tiga calon tuan rumah yang telah memenuhi syarat dari tim penjaringan PON ke-21 adalah Aceh bersama Sumatera Utara, Bali bersama Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Selatan.

Ketiga calon tuan rumah PON 2024 itu memaparkan rencana penyelenggaraan PON kepada para peserta Musornaslub KONI 2018, selain menampilkan kesenian daerah masing-masing.

Tiga kandidat tuan rumah PON itu juga menampilkan potensi daerah mereka, termasuk kuliner khas mereka seperti kue, kopi, sirup, dan aneka makanan lain.

Sebanyak 393 peserta Musornaslub yang terdiri dari 53 orang perwakilan cabang-cabang olahraga, 97 orang dari 34 KONI Provinsi, dan 243 orang dari KONI kabupaten dan kota lantas mengikuti proses pemungutan suara.

Namun, para peserta dari perwakilan cabang-cabang olahraga tidak dapat mengikuti pemilihan tuan rumah menyusul tata tertib Musornaslub 2018.

Sebelumnya, Wakil IV Ketua Umum KONI Pusat K. Inugroho mengatakan penetapan calon tuan rumah PON XXI itu akan menjadi agenda tunggal dalam Musornaslub.

Tuan rumah PON 2024 yang terpilih dalam Musornaslub KONI itu, lanjut Inugroho, akan menjadi bahan laporan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga.

"Calon tuan rumah harus memenuhi syarat antara lain sudah memiliki minimal 30 persen infrastruktur pendukung PON. Mereka akan dipilih oleh 34 KONI Provinsi," tutur Inugroho.