UNBK OKU tertunda akibat gangguan jaringan server

id unbk,ujian nasiional,jaringan komputer,unbk terganggu,jaringan internet,server

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/18)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Ujian Nasional Berbasis Komputer di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, sempat tertunda pelaksanaannya selama satu jam akibat terjadinya gangguan jaringan server sehingga pelajar kesulitan mengakses soal lewat internet di sekolah masing-masing.

Kepala Sekolah SMP Negeri 13 Ogan Komering Ulu (OKU), Marzuan di Baturaja, Senin menjelaskan bahwa kondisi tersebut terjadi di seluruh Indonesia.

"Bukan di sekolah kami saja yang tertunda pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di hari pertama ini, tetapi di seluruh Indonesia. Sebab, server yang mengalami gangguan itu adalah milik Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI," tegasnya.

Meskipun demikian, dia menjamin, kondisi itu tidak akan terulang lagi kedepannya, karena kerusakan server tersebut sudah diperbaiki oleh teknisi dari PT Telkomsel.

"Tadi ada tenaga teknisi dari telkom datang ke sekolah kami untuk memperbaiki kerusakan server tersebut. Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal lagi sehingga siswa tidak perlu khawatir," katanya.

Sementara untuk peserta UNBK di SMPN 13 OKU sendiri, Marzuan mengatakan, tahun ini tercatat 277 peserta terdaftar untuk mengikuti ujian nasional tersebut yang dibagi tiga kelompok.

"Kelompok pertama ujian mulai pukul 07.30-09.30 WIB, sesi kedua pukul 10.00-12.00 WIB dan sesi ketiga 14.00-16.00 WIB," katanya seraya menambahkan UNBK itu sendiri diselenggarakan selama tiga hari sejak 23-26 April 2018.

Adapun jumlah laptop yang disiapkan untuk peserta UNBK tersebut adalah sebanyak 98 unit dengan rincian 50 unit dari pinjaman wali murid. Sedangkan sisanya dipinjam dari guru dan pihak ketiga dalam hal ini dari SMA Yandika Baturaja.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar