Sumsel pecahkan rekor MURI pengumpulan Koi Kawarimono terbanyak

id ikan koi

Sumsel dapat Rekor MURI pengumpulan Koi Kawarimono terbanyak se Indonesia, Minggu (22/4) (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

....Dalam catatan kami ada 10 jenis varietas ikan koi dan yang asli serta satu-satunya dari Indonesia hanya Koi Kawarimono....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Penyelenggaraan Sriwijaya Cup Junior Koi Show Nasional 2018 yang berlangsung di Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), Minggu.

Plakat rekor diberikan MURI kepada Asisten Gubernur Bidang Administrasi Umum Edwar Juliarta untuk diterima oleh ketua pelaksana SCJKN 2018 Bambang Purnomo sekaligus sekretaris ZNA Palembang selaku pelaksana kegiatan.

"Selamat Untuk (Zen Nippon Arinkai) ZNA Palembang sebagai pelaksana SCJKN 2018 atas pemecahan rekor muri dengan predikat  pengumpulan  ikan Koi Kawarimono terbanyak untuk pertama kalinya," Kata Senior Manager MURI, Awan Raharjo di Palembang.
 
Penyerahan plakat rekor MURI (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)


Ikan Koi Kawarimono merupakan varietas ikan koi asli Indonesia yang dikembangkan oleh budidayawan Koi beberapa tahun belakangan dan pada SCJK berhasil mengumpulkan 156 ekor.

Menurut Awan di 2017 terjadi pemecahan rekor pengumpulan 1.886 ekor ikan koi seluruh jenis, sementara tahun ini rekor MURI yang dicatatkan adalah pengumpulan ikan Koi Kawarimono terbanyak, artinya rekor tahun ini lebih spesifik.

"Dalam catatan kami ada 10 jenis varietas ikan koi dan  yang asli serta satu-satunya dari Indonesia hanya Koi Kawarimono. Dengan rekor ini semoga ada semangat untuk para penghobi, budidayawan maupun petani koi Indonesia agar mengembangkan jenis varietas koi lokal lain, bila perlu kita catatkan rekor lagi," tambah Awan.

Sementara menurut Ketua Pelaksana SCJKN 2018 Bambang Purnomo kegiatan kompetisi antar penggiat ikan koi tersebut melibatkan 820 peserta berbagai daerah, bersamaan kegiatan sejenis di Yogyakarta melibatkan 703 peserta berlangsung  20-22 April 2018. 

"Bagi kami ini kegiatan besar pertama kali, kami ingin meningkatkan animo masyarakat terhadap ikan koi," jelas Bambang.

Selain pemecahan rekor MURI, SCJKN 2018 juga mengadakan lomba dengan 50 kategori, penganugerahan kepada beberapa tokoh, dan seminar simposium seputar dunia bisnis Ikan Koi.
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar