BKIPM minta konsumen jeli membeli ikan

id balai karantina,ikan,bkipm

BKIPM minta konsumen jeli membeli ikan

Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Palembang melakukan sosialisasi kepada konsumen agar jeli membeli ikan. (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Ada keterbatasan informasi di beberapa tempat yang menyebabkan masih banyak masyarakat yang belum terlalu peduli dengan kondisi ikan saat membeli
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Palembang meminta masyarakat lebih jeli saat membeli ikan. 

"Ada keterbatasan informasi di beberapa tempat yang menyebabkan masih banyak masyarakat yang belum terlalu peduli dengan kondisi ikan saat membeli," kata Humas BKIPM Palembang, Erik saat sosialisasi cara pemilihan ikan di salah satu mall di kota Palembang, Sabtu. 

Pada sosialisasi bertajuk BKIPM Goes Ti Market tersebut pihaknya memperlihatkan beda antara ikan yang baik dan buruk untuk dikonsumsi masyarakat, mulai dari mengenali ciri-ciri fisik di badan ikan. 

Seperti dari ciri insang, bau, warna daging, warna kulit, dan mata ikan yang memiliki perbadaan tajam antara yang segar dan tidak segar. 

Menurut Erik sosialisasi tersebut dalam rangka bulan bakti BKIPM yang bertujuan mengedukasi masyarakat bagaiamana memilih ikan yang baik karena konsumsi ikan di Kota Palembang cukup tinggi. 

"Kalau dilihat perkapita dari data dinas perikanan rata-rata setiap orang Palembang menkonsumsi ikan 43 kilogram pertahun," jelas Erik. 

Konsumsi lebih banyak ikan dalam bentuk olahan makanan seperti pempek, model, tekwan dan sisanya ikan dalam bentuk asli. 

Penting sekali untuk memilih ikan, karena ikan yang baik akan menghasilkan protein yang baik pula, sementara protein baik juga bagus untuk meningkatkan kecerdasan, tambah Erik. 

Pihaknya akan merutinkan sosialisasi tersebut tidak hanya sebatas di pusat perbelanjaan modern, namun lebih penting di pasar-pasar tradisional sebagai titik paling banyak ikan-ikan tidak terdeteksi keamanannya.