Buku Pahlawan Nasional Kartini laris manis

id Kartini, pahlawan nasional, imansipasi wanita, habis gelap terbitlah terang, buku, laris manis

Buku Pahlawan Nasional Kartini laris manis

Dok. RA Kartini (Ist)

Surabaya (ANTARA News Sumsel) - Buku-buku tentang Pahlawan Nasional Raden Ajeng Kartini terpantau terjual laris manis di pusat penjualan buku "Kampoeng Ilmu", Jalan Semarang, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

"Hari ini ada yang borong sebanyak 120 eksemplar oleh seseorang dari sebuah sekolah di Surabaya," ujar Feriansyah, pedagang buku di Kampoeng Ilmu Surabaya ketika dikonfirmasi, Sabtu.

Lapak milik Feriansyah di Kampoeng Ilmu Surabaya terpantau satu-satunya yang menjual buku-buku tentang pahlawan pejuang emansipasi wanita yang lahir di Rembang, Jawa Tengah, 21 April 1879, itu.

Ada tiga judul  buku tentang Kartini yang dipajang di lapaknya. Dua di antaranya adalah berjudul "Kartini, Kisah yang Tersembunyi" karya penulis Aguk Irawan dan "Raden Ajeng Kartini, Perempuan Pembawa Cahaya Bangsa" karya penulis Anom Whani Wicaksana.

Satu judul buku lagi yang dijual di lapak Feriansyah adalah karya fenomenal Raden Ajeng Kartini, dari kumpulan surat-suratnya berbahasa Belanda yang dikirim ke sejumlah sahabatnya di Eropa, yang dibukukan oleh Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda era 1900 sampai 1905, Jacques Henrij Abendanon, berjudul "Door Duisternis Tot Licht".  
    
Tentu yang dijual di lapak Feriansyah adalah buku terjemahannya penulis Armijn Pane, yang diterbitkan oleh Balai Pustaka dengan judul "Habis Gelap Terbitlah Terang".

 "Yang diborong oleh seseorang dari sebuah sekolah di Surabaya sebanyak 120 eksemplar itu, ya, yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang ini," ujarnya.

Per eksemplar buku "Habis Gelap Terbitlah Terang" dijual relatif murah sebesar Rp15 ribu.

Bagi Feriansyah, borongan buku Kartini sejumlah 120 eksemplar, bertepatan dengan Hari Kartini pada tanggal 21 April ini tergolong banyak, mengingat pusat penjualan buku "Kampoeng Ilmu Surabaya" hanya ramai diserbu pembeli pada saat tahun ajaran baru masuk sekolah.

"Tahun ajaran baru sekolah masih lama, sekitar Agustus nanti. Kalau hari-hari biasa seperti ini, Kampoeng Ilmu sepi pembeli," ucapnya.