Banyak calon haji di Sumsel belum lunasi BPIH

id calon haji,bpih,pelunasan haji, jamaah calon haji,asrama haji,embarkasi haji,haji,kemenag sumsel

Banyak calon haji di Sumsel belum lunasi BPIH

Arsip - Sejumlah calon jemaah haji embarkasih Palembang mengantre cek kesehatan di Asrama Haji Palembang, Kamis (3/8). ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ag/17)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Jamaah calon haji Sumatera Selatan masih banyak yang belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji karena berbagai faktor.

Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan Saefudin Latief di Palembang, Jumat mengatakan, hingga sekarang baru separuh melunasi BPIH tersebut.

Berdasarkan laporan dari 6.988 jatah jamaah calon haji yang berangkat tahun ini baru 3.742 orang yang melunasi, ujar dia.

"Berdasarkan informasi belum dapat melunasi BPIH tersebut karena syarat belum lengkap seperti surat kesehatan belum keluar," katanya..

Memang, lanjut dia, pelunasan masih lama untuk tahap pertama akan ditutup pada 4 Mei 2018.

Menurut dia, kemudian juga akan dibuka pelunasan tahap kedua karena untuk mengantisipasi bagi yang gagal sistem atau jamaah cadangan.

Namun walaupun demikian pihaknya minta bila syarat sudah lengkap maka jamaah calon haji segera melunasi, ujar dia.

Dia mengatakan, jumlah pemberangakatan jamaah calon haji pada 2018 ini untuk Sumsel diberikan porsi 6.988 orang belum ditambah Bangka Belitung.

Sementara mengenai pemberangkatan sendiri berdasarkan jadwal untuk kelompok terbang pertama pada 17 Juli mendatang.

Sebelum berangkat ke tanah suci jamaah calon haji tersebut harus masuk asrama terlebih dahulu untuk memeriksa kesehatan akhir dan perlengkapan lainnya, ujar dia.

Jamaah calon haji yang sudah tedaftar itu tidak ada halangan dan diharapkan semuanya nantinya menjadi haji mabrur, tambah dia