DPS Hasil Perbaikan Musi Banyuasin 433.249 pemilih

id kpu muba,dpshp,pleno kpu,pilkada,pilgub sumsel,dpt,pemilih

DPS Hasil Perbaikan Musi Banyuasin 433.249 pemilih

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis, melaksanakan rapat pleno rekap daftar pemilih sementara hasil perbaikan yang merupakan dasar penetapan daftar pemilihan tetap pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan pada 2018. (ANTARA News Sumsel/man/I016/18)

Sekayu, Muba (ANTARA News Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis, melaksanakan rapat pleno rekap daftar pemilih sementara hasil perbaikan yang merupakan dasar penetapan daftar pemilihan tetap pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan pada 2018.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musi Banyuasin (Muba) H. Firdaus Marvels mengatakan hasil rekap Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Muba tercatat sebanyak 433.294 pemilih dengan rincian  220.559 untuk pemilih laki-laki dan 212.690 orang perempuan.

"Ya hari ini kami tetapkan hasil rekap DPSHP Muba yaitu 433.249 pemilih yang tersebar di 14 kecamatan,” katanya usai rapat pleno.

Namun, kata dia, KPU Muba tidak menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) karena tidak melaksanakan pemilihan kepala daerah. DPT ditetapkan oleh KPU Provinsi Sumatera Selatan.

"Kita hanya hasil rekapnya saja, sedangkan DPT nanti KPU Sumsel yang menetapkan. Muba hanya melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Sumsel 2018," terangnya.

Dia menjelaskan, bagi masyarakat yang belum terdata atau terlewat tidak perlu khawatir tidak memilih pada 27 Juni mendatang. Sebab bagi masyarakat yang tidak masuk dalam DPT masih bisa memilih, asalkan pada saat pencoblosan nanti dapat menunjukan E-KTP di TPS sesuai dengan kelurahan.

"Namun yang boleh memilih, hanya pemilih yang dapat menunjukan E-KTP, atau surat keterangan yang dikeluarkan Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Muba sesuai peraturan. Selain itu waktu yang ditentukan bagi pemilih tersebut hanya diberlakukan  dari pukul 12.00 WIB sampai 13.00 WIB, "jelasnya. (man)