Pemkot ajak masyarakat benahi wisata air

id wisata air,sungai musi,pemkot palembang,sekda kota palembang,benteng kuto besak,bkb,wisata,wisman,wisatawan,sekanak

Pemkot ajak masyarakat benahi wisata air

Pasar kapal terapung di anak Sungai Sekanak Palembang, Jumat (10/2). (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ag/17)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengajak masyarakat terutama yang berada di daerah aliran Sungai Musi untuk membenahi wisata air yang menjadi salah satu objek wisata yang diminati wisatawan ketika berkunjung ke kota itu.

"Melakukan pembenahan wisata air tidak mungkin bisa dilakukan pemerintah kota ini saja, partisipasi dari masyarakat memiliki peran yang cukup besar terutama dalam menjaga kebersihan sungai dan memperindah daerah aliran sungai," kata Sekda Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, objek wisata air cukup diminati wisatawan nusantara dan mancanegara yang berkunjung ke kota ipempek itu, dengan dilakukan pembenahan akan memiliki daya tarik yang lebih besar dan mendukung terwujudnya target kunjungan wisatawan ke Palembang.

Selain memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi menjadikan wisata air sebagai daya tarik yang kuat, pihaknya berupaya membenahi objek wisata air terutama yang ada di kawasan Benteng Kuto Besak sebagai titik awal wisatawan melakukan perjalanan wisata air.

Benteng Kuto Besak yang berada di pinggir Sungai Musi yang menjadi titik awal kegiatan wisata air, secara bertahap terus diperindah dengan menambah beberapa bangunan khas seperti baru-baru ini selesai dibangunan tugu ikan belido yang merupakan ikan langka dan khas Palembang, katanya.

Menurut dia, dengan adanya tugu ikan belido, sebelum melakukan perjalanan wisata air menikmati pemandangan aktivitas masyarakat di sepanjang daerah ailiran sungai dan kemegahan Jembatan Ampera, wisatawan bisa menikmati keindahan kawasan objek wisata itu dan mengambil foto kenangan dengan latar belakang tugu tersebut.

Jika wisatawan melakukan perjalanan wisata ke Singapura berfoto dengan latar belakang singa laut (merlion), ketika berkunjung ke Kota Palembang bisa berfoto dengan latar belakang ikan belido yang juga sekaligus bisa mendapatkan latar belakang Jembatan Ampera yang selama ini menjadi ikon kota setempat, ujar Harobin.