Pangdam minta prajurit cegah kebakaran hutan

id pangdam,pangdam ii/sriwijaya,kebakaran hutan dan lahan,karhutla,prajurit cegah kebakaran hutan

Pangdam minta prajurit  cegah kebakaran hutan

Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI AM Putranto (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/17)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI AM Putranto meminta prajurit di jajarannya mencegah  kebakaran hutan dan lahan terutama menjelang penyelenggaraan Asian Games di Palembang 2018.

"Sebab bila terjadi kebakaran hutan dan lahan maka akan timbul kabut asap, dan itu akan mengganggu jalannya penyelenggaraan Asian Games di Palembang pada 2018," kata Pangdam usai serah terima jabatan Kasdam II/Sriwijaya dari Brigjen TNI Marga Taufiq kepada penggantinya Brigjen TNI Syafrial di Palembang, Senin (16/4)

Dia mengatakan, Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games sehingga kabut asap tidak boleh terjadi seperti pada 2015. Apalagi saat pesta olahraga internasional ini ribuan peserta dan tamu-tamu dari mancanegara akan hadir di Palembang.

Oleh karena itu, peserta pesta olahraga akbar nanti harus bebas dari polusi udara sehingga kabut asap tidak boleh timbul.

Karena itu prajurit dalam jajarannya untuk mengantisipasi agar kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi, ujar dia.

Sehubungan dengan itu Kasdam yang baru perlu melakukan koordinasi dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Sumsel.

Sebelumnya beberapa waktu lalu Pangdam bersama Kapolda Sumsel juga memantau kesiapan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

"Memang sudah berdiri posko satuan tugas yang tersebar di wilayah Sumsel," katanya.

Serah terima jabatan Kasdam II/Sriwijaya dari Brigjen TNI Marga Taufiq kepada penggantinya Brigjen TNI Syafrial yang sebelumnya mejabat Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad,  sedangkan Brigjen TNi Marga Taufik akan mendapat tugas baru sebagai Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad di Malang, Jawa Timur.