IBI dorong bidan desa tingkatkan kompetensi

id bidan desa,bidan,ibi,ikatan bidan indonesia,kompetensi bidan,pelayanan kesehatan,kesehatan masyarakat

Arsip - Seorang perawat sedang memeriksa kesehatan pasien (ANTARA FOTO)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pengurus Ikatan Bidan Indonesia Sumatera Selatan mendorong bidan yang tersebar hingga pelosok desa di 17 kabupaten dan kota dalam wilayah provinsi setempat meningkatkan kompetensi untuk memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat.

Untuk meningkatkan kompetensi bidan desa, pihaknya berupaya menggalakkan program pelatihan dan mendorong melanjutkan pendidikan hingga jenjang tertinggi, kata Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sumatera Selatan Siti Aisyah di Palembang, Senin.

Menurut dia, salah satu misi strategis pembangunan di bidang kesehatan adalah meningkatkan kualitas masyarakat melalui peningkatan akses dan kualitas kesehatan.

Peningkatan akses masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dapat dilakukan dengan keberadaan bidan di kawasan permukiman hingga pelosok desa yang memiliki kemampuan sesuai dengan kompetensinya.

Dengan terus dilakukannya peningkatan kompetensi bidan, diharapkan anggota IBI di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu memliki keterampilan yang memadai sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik serta memberikan pelayanan kesehatan berkualitas, katanya.

Dia menjelaskan, bidan sebagai tenaga kesehatan harus siap menghadapi segala tantangan dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai amanah yang diberikan negara kepadanya.

Jika bidan memiliki kompetensi yang baik serta sistem pelayanan kesehatan di tingkat pelayanan dasar dan puskesmas dapat terlaksana sesuai prosedur atau standar yang ditetapkan pemerintah dan organisasi, pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa semakin baik, ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar