Polda siapkan pengamanan Pilkada dan Asian Games

id kapolda,kapolda sumsel,pengamanan pilkada,asian games,personel keamanan pilkada

Polda siapkan pengamanan Pilkada dan Asian Games

Arsip - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnaen (kiri depan) memberikan ucapan selamat kepada personel yang menerima paket Umroh usai pemberian penghargaan bagi personel di Lapangan Apel Polda Sumsel di Palembang,Rabu (28/3). (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/18)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menyiapkan ribuan personel untuk mengamankan seluruh rangkaian persiapan dan pelaksanaan pemilihan kepala daerah secara serentak 27 Juni dan Asian Games pada pertengahan Agustus 2018.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menghadapi dua agenda penting itu, selain menyiapkan personel di tingkat polda dan satuan wilayah, pihaknya berupaya membangun sinergitas dengan semua pihak dan lapisan masyarakat, kata Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, di Palembang, Senin.

Menurut dia, pengamanan pemilihan kepala daerah dan Asian Games, tidak mungkin bisa dilakukan aparat kepolisian saja yang jumlah personelnya terbatas, untuk itu pihaknya perlu membangun sinergitas untuk mencegah terjadinya hal-hal yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat dan pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Dua kegiatan besar di Sumsel pada 2018 yakni pilkada serentak dan Asian Games menjadi fokus pengamanan, partisipasi semua pihak dan lapisan masyarakat sangat diharapkan dalam menyukseskan pelaksanaannya," ujar Zulkarnain.

Dia menjelaskan, Polda Sumsel siap mengamankan seluruh tahapan pemilihan kepala daerah di sembilan kabupaten dan kota serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada 2018, dan berbagai persiapan menghadapi pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu.

Seluruh persiapan untuk melaksanakan dua kegiatan besar itu menjadi salah satu fokus perhatian dalam pelaksanaan tugas kepolisian di wilayah provinsi ini sehingga bisa berjalan sukses sesuai dengan harapan bersama.

Dengan kesiapan personel Polda Sumsel dan dukungan semua pihak dan lapisan masyarakat, diharapkan dapat dicegah timbulnya gangguan kamtibmas yang dapat mengganggu proses persiapan dan pelaksanaan pilkada hingga pelantikan pasangan kepala daerah terpilih, serta pembukaan dan penutupan Asian Games 2018, kata Kapolda.