UNESCO tetapkan Rinjani jadi geopark dunia

id Gunung Rinjani,geopark dunia,berita sumsel,berita palembang

UNESCO tetapkan Rinjani jadi geopark dunia

Gunung Rinjani (Ist)

Mataram (ANTARA News Sumsel) - Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ditetapkan menjadi geopark dunia pada sidang Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Unesco) "Alhamdulillah baru saja saya mendapat kabar bahwa pada sidang Unesco Executive Board, Kamis (12/4) di Paris, telah menetapkan Geopark Rinjani sebagai anggota baru Unesco Global Geopark," kata General Manager Geopark Rinjani Chairul Mahsul saat dihubungi melalui telepon, Sabtu.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Pemeintah Provinsi NTB ini berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pencapaian status Gobal Geopark tersebut.

"Selamat dan terima kasih kepada semua sahabat Rinjani yang telah membantu pencapaian status Gobal Geopark tersebut bisa tercapai," tandasnya.

Gunung Rinjani, masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Kawasan ini mencakup empat wilayah di Pulau Lombok, mulai dari Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Timur.

Salah satu pesona unggulan TNGR, adalah Danau Segara Anak yang berada pada ketinggian 2.010 meter dari permukaan laut. Danau Segara Anak berada di sebagian Gunung Rinjani yang tingginya mencapai 3.726 meter dari permukaan laut.