Kota Palembang tambah armada angkutan sampah

id sampah,armada sampah,truk sampah,armada ankutan sampah,kebersihan kota palembang,sekda kota palembang,asian games,pemkot palembang

Kota Palembang tambah armada angkutan sampah

Arsip - Petugas kebersihan bekerja keras membersihkan tumpukan sampah di Jakabaring Sport City, Palembang. ( ANTARA News Sumsel/ Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan pada 2018 akan menambah beberapa unit armada angkutan sampah untuk meningkatkan kebersihan kota yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Sampah yang dihasilkan tumah tangga, pasar tradisional, pertokoan, perkantoran, dan rumah sakit jumlahnya terus meningkat. Kondisi ini perlu diimbangi dengan penambahan armada untuk meningkatkan kemampuan pengangkutan ke tempat pembuangan akhir (TPA)," kata Sekda Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, kemampuan pengangkutan sampah dari titik kumpul ke TPA akan terus ditingkatkan sesuai dengan perkembangan jumlah sampah yang dihasilkan warga kota sehingga tidak menimbulkan masalah lingkungan.

Untuk meningkatkan kemampuan pengangkutan sampah, selain berupaya menambah armada baru, pihaknya akan mengoptimalkan armada yang dioperasikan Dinas Kebersihan Kota selama ini, katanya.

Dia menjelaskan, penanganan sampah akan terus diperbaiki sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang dapat merusak keindahan wajah kota dan kebersihan lingkungan.

Untuk mengatasi masalah sampah itu, selain memaksimalkan armada angkutan sampah yang ada sekarang ini dan menambah armada baru, pihaknya mendukung warga kota setempat membuat bank sampah memanfaatkan sampah yang dibuang menjadi barang bernilai ekonomi.

Pemanfaatan sampah untuk diolah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi diharapkan bisa mengurangi penumpukan sampah sebelum diangkut ke tempat pembuangan akhir dan memberikan penghasilan tambahan bagi warga.

Dengan adanya bank sampah, diharapkan tidak hanya bisa mengurangi tumpukan sampah di kawasan permukiman dan tempat lainnya, tetapi juga bisa menjadi sumber pendapatan warga kota ini, kata Harobin.