PDAM OKU bangun sistem penyediaan air minum

id pdam,air minum,penyediaan air bersih,air bersih,pdam oku,instalasi air bersih,air pdam,pdam baturaja

PDAM OKU bangun sistem penyediaan air minum

Arsip - Instalasi pengelolaan air PDAM (ANTARA News Sumsel)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - PDAM Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membangun sistem penyediaan air minum di Kecamatan Lubuk Raja guna memenuhi kebutuhan air bersih i masyarakat di wilayah itu.

"Dengan adanya sistem penyediaan air minum ini ditargetkan 1.000 warga Lubuk Raja bisa menikmati layanan air bersih," kata Dirut PDAM Baturaja Ogan Komering Ulu (OKU), Abikusno di Baturaja, Selasa.

Dia mengatakan, dengan dibangunnya sistem penyediaan air minum di Lubuk Raja tersebut terdapat lima kecamatan di wilayah itu yang sudah dilayani air bersih.

Kecamatan Lubuk Raja sendiri selama ini rawan saat musim kemarau, karena masuk di antara tujuh kecamatan yang belum ada pelayanan air bersih," katanya.

Pembangunan sistem tersebut di wilayah tersebut menjadi prioritas sedangkan tiga kecamatan lain yakni Sosoh Buay Rayap, Peninjauan, dan Semidang Aji sudah dipersiapkan detail engineering design (DED) oleh Dinas PU Perkim OKU.

"Tinggal menyusul kita ajukan usulan pembangunan yang diupayakan melalui program grafitasi," kata dia.

Dia mengakui, pembangunan tersebut merupakan sinergi Pemerintah Kabupaten OKU, Balai Besar Sumber Daya Air, dan lainnya yang diprediksi bisa melayani 5.000 pelanggan dengan dana yang dibutuhkan Rp70 miliar.

Sebagai tahap awal kata dia, dialokasikan dana sebesar Rp43 miliar dengan rincian Rp13 miliar untuk intake termasuk WTP dan Rp20 miliar guna pembangunan pipa ke booster.

"Sementara sisanya untuk pembangunan instalasi listriknya. Dana itu sendiri berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat," ujar dia.