Musi Banyuasin bangun perpustakaan desa

id perpustakaan desa,muba bangun perpustakaan desa,plt bupati muba,beni hernedi,program gemar membaca,buku,perpustakaan

Musi Banyuasin bangun perpustakaan desa

Arsip - Sejumlah siswa mendiskusikan buku di salah satu pojok perpustakaan Daerah Provinsi Sumatra Selatan di Palembang, Senin (14/8). (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ag/17)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, membangun perpustakaan di pelosok desa untuk meningkatkan pengetahuan dan minat baca masyarakat.

Pembangunan perpustakaan selama ini terkonsentrasi di tingkat kecamatan, melihat kondisi tersebut secara bertahap dilakukan pembangunan di desa-desa, kata Plt Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi di Sekayu, Selasa.

Menurut dia, dengan adanya perpustakaan di desa, diharapkan program "Gemar Membaca" yang telah berjalan dengan baik selama ini dapat lebih maksimal sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan serta kualitas sumberdaya manusia (SDM) di "Bumi Serasan Sekate" ini.

Pengetahuan dan wawasan masyarakat perlu ditingkatkan sehingga memiliki daya saing yang tinggi menghadapi persaingan global yang semakin ketat dewasa ini.

Dia menjelaskan, untuk mendorong masyarakat agar gemar membaca, pihaknya bersama jajaran termasuk istri pegawai negeri sipil/ASN yang tergabung dalam kelompok PKK pada setiap kesempatan memberikan motivasi kepada masyarakat.

Motivasi kepada masyarakat terus dilakukan agar mereka tergerak untuk selalu membaca dan berupaya mengembangkan perpustakaan yang ada di setiap desa tanpa menunggu program dari pemerintah daerah.

Selain mengembangkan perpustakaan, pihaknya juga berupaya mengoptimalkan operasional mobil pintar atau perpustakaan keliling di kawasan permukiman penduduk terutama yang lokasinya jauh dari perpustakaan desa atau kecamatan.

Melalui berbagai upaya tersebut, diharapkan program yang bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat kabupaten ini dapat berjalan sesuai harapan bersama.