Puskesmas Mukomuko ditargetkan ramah lingkungan

id Puskesmas, ramah lingkungan, mukomuko, target, rawat jalan

Puskesmas Mukomuko ditargetkan ramah lingkungan

Dok. (ANTARA)

Mukomuko (ANTARA News Sumsel) - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan 11 dari 17 puskesmas rawat jalan di daerah itu mengantongi izin lingkungan pada tahun ini supaya keberadaannya ramah lingkungan.

"Kami targetkan tahun ini sebanyak 11 puskesmas mengantongi izin lingkungan," kata Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko Fernandi di Mukomuko, Selasa.

Sebanyak 17 puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu, 
 11 puskesmas di antaranya rawat jalan dan enam puskesmas perawatan.

Ia menyatakan instansinya telah mengecek lokasi pembuangan sampah medis dan limbah cair di puskesmas tersebut. Pengecekan itu untuk memastikan lokasinya tidak mencemari lingkungan.

Selanjutnya, katanya, setiap puskesmas membuat Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPL), kemudiannya menyerahkannya kepada instansinya.

Setelah ini, katanya, instansinya merekomendasikan 11 lembar SPPL untuk 11 puskesmas rawat jalan.

Ia menyatakan, 11 puskesmas rawat jalan di daerah itu tidak perlu konsultan lingkungan untuk mendapatkan surat SPPL. Puskesmas itu cukup menyiapkan dokumen lingkungan.

Sebanyak enam puskesmas perawatan di daerah itu  wajib mengantongi izin Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL) untuk tiga puskesmas perawatan di daerah itu.

Ia mengatakan Dinas Kesehatan harus menyiapkan konsultan untuk membuat dokumen lingkungan untuk mendapatkan UKL dan UPL.