Pencetakan KTP elektronik terkendala SDM

id ktp elektronik,e-ktp,ktp-e,pencetakan ktp,cetak ktp,oku terkendala sdm cetak ktp,disdukcapil oku

Pencetakan KTP elektronik terkendala SDM

Arsip - Petugas kecamatan membantu warga melakukan perekaman e KTP di Kantor kecamatan Kota Palembang,, Jumat (23/12). (ANTARA News Sumsel /Feny Selly/Ang/18)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan terkendala Sumber Daya Manusia  sehingga proses penyelesaiannya terhambat hingga batas waktu yang telah ditetapkan.

"Padahal sesuai intruksi Menteri Dalam Negeri proses pencetakan setiap keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) harus selesai di bawah satu jam," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Ogan Komering Ulu (OKU), Ajahari di Baturaja, Senin.

Sedangkan untuk proses penyelesaian setiap keping e-KTP di Disdukcapil OKU kata dia, butuh waktu selama 10 hari karena pihaknya terkendala Sumber Daya Manusia (SDM) yang belum memadai.

"Jaringan server pengimput data juga menjadi kendala karena belum maksimal tidak sebagus seperti jaringan di Jakarta," katanya.

Selain itu, peralatan yang digunakan untuk mencetak kartu identitas tersebut di dua kecamatan yaitu Lubuk Batang dan Kecamatan Baturaja Barat juga sedang mengalami masalah sehingga menghambat proses penyelesaian pencetakannya.

"Peralatan sidik jari sedang bermasalah dan saat ini sedang diperbaiki di Jakarta," ungkapnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut lanjut dia, warga di dua kecamatan tersebut yang ingin mencetak e-KTP diarahkan agar melakukan perekaman di Kantor Kecamatan Baturaja Timur.

"Untuk sementara waktu bagi warga di wilayah tersebut agar melakukan perekaman e-KTP di Kecamatan Baturaja Timur sampai peralatan selesai diperbaiki," ujar dia.