Tekan inflasi, Pemkot Palembang bantu bibit cabai

id bibit cabai,cabai merah,cabai,pemkot palembang, bantu bibit cabai,inflasi kota palembang,inflasi

Tekan inflasi, Pemkot Palembang bantu bibit cabai

Arsip - Warga memetik cabai rawit di kebun sehat olahan Kelompok Wanita Tani Talang Jawa Kecamatan Gandus Palembang (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ag/17)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang memberikan bantuan bibit tanaman cabai kepada masyarakat untuk mengurangi angka inflasi akibat tingginya harga sayuran dalam beberapa bulan terakhir akibat pengaruh cuaca.

Pejabat Sementara (Pjs) Kota Palembang Akhmad Najib di Palembang, Jumat, mengatakan pemkot telah pemberian bantuan bibit cabai kepada ratusan rumah tangga di kawasan Kecamatan Gandus.

Najib mengatakan terdapat sebanyak 6.000 benih cabai yang dibagikan untuk ratusan rumah tangga di kawasan Gandus melalui kelompok tani dan wanita tani. Setiap rumah tangga diberikan lima polybag benih cabai.

"Kami ingin upaya ini dapat mengurangi inflasi, sehingga sayuran yang biasa dikonsumsi masyarakat sehari-hari dapat ditanam sendiri. Tentunya ini merupakan penghematan pengeluaran mereka," kata dia.

Ia mengatakan bantuan cabai ini merupakan CSR dari Bank Indonesia (BI) sejak 2016 dengan tujuan mengurangi inflasi dari tingginya harga sayuran.

"Kami berharap agar setiap masyarakat di Kota Palembang juga dapat mengaplikasikannya secara mandiri," kata dia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palembang Sayuti mengatakan secara simbolis Pjs Walikota Palembang Akhmad Najib memberikan bantuan benih padi, pupuk, itik, dan alat pertanian.

"Benih padi dan pupuknya diberikan untuk penananam di lahan seluas 660 hektare. Kemudian ada 1.126 ekor itik yang diberikan untuk kelompok tani peternakan, traktor roda empat, dua unit sepeda motor, dan empat multivator untuk pengolahan lahan yang diberikan kepada Balai Penyuluhan Pertanian," kata