Polresta Palembang siaga bencana musim hujan

id polresta palembang,Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawuno,bencana hujan

Polresta Palembang siaga bencana musim hujan

Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono saat meninjau kesiapan penanggulangan bencana menjelang musim hujan di halaman Polresta Palembang Jakabaring, Kamis (5/4). (ANTARA / Aziz Munajar)

Maka dari itu kami mengajak semua pihak untuk saling bahu-membahu disamping usaha pemerintah yang terus memperbaiki infrastruktur air dan normalisasi sungai-sungai kecil di wilayah pemukiman warga
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Jajaran Polresta Palembang mulai mengantisipasi bencana menjelang musim penghujan tahun ini dengan menggelar apel kesiapan penanggulangan, di halaman Polresta Palembang Jakabaring, Kamis siang.

"Sebentar lagi musim hujan akan tiba,  kami Polresta Palembang mengantisipasi timbulnya korban, karena Kita ketahu bahwa di musim penghujan tentu terdapat potensi bencana alam seperti banjir, angin puting beliung," kata Kapolresta Palembang, Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono. 

Apel diikuti 225 anggota Polresta Palembang yang terdiri dari unit reserse, narkoba, intelkam,  POL air dan TNI, anggota Badan SAR Nasional (Basarnas), serta anggota dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan.

Dalam apel tersebut nampak perahu karet yang sudah disiapkan untuk mengantisipasi bencana alam di Kota Palembang.

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan bahwa dalam cuaca musim hujan ekstrim bisa menyebabkan pohon tumbang, reklame roboh, dan banjir yang juga berpeluang mengganggu pembangunan infrastruktur yang tengah gencar di Kota Palembang. 

"Maka dari itu kami mengajak semua pihak untuk saling bahu-membahu disamping usaha pemerintah yang terus memperbaiki infrastruktur air dan normalisasi sungai-sungai kecil di wilayah pemukiman warga", tambah Wahyu. 

Ia mencontohkan tindakan nyata yang mesti dilakukan warga seperti berhenti membuang sampah di saluran air dan membersihkan tanaman eceng gondok liar yang bisa menghambat laju air.