AAJI yakin agen asuransi tidak tergerus digitalisasi

id asuransi jiwa,Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia,email, fax, scan,berita sumse,berita palembang,konsumen asuransi,kecanggihan teknologi,AAJI,agen asuran

AAJI yakin agen asuransi tidak tergerus digitalisasi

Ilsutrasi. (Ist)

Makassar (ANTARA News Sumsel)- Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yakin jika para agen asuransi tidak akan tergerus oleh perkembangan digitalisasi teknologi yang semakin cepat pada masa yang akan datang.

Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Andy Anwar di Makassar, Rabu mengatakan peran agen asuransi masih vital karena bisa memberikan presentasi serta mampu membangun emosional dengan calon nasabahnya.

"Jadi kami tidak khawatir soal agen akan tergerus dengan digitalisasi kedepan. Agen asuransi itu bisa memberikan presentasi sekaligus membangun emosional dengan calon nasabah saat bertemu langsung," katanya.

Ia menjelaskan, untuk beberapa jenis asuransi yang simpel  memang tidak sepenuhnya membutuhkan jasa agen seperti halnya asuransi perjalanan, tiket ataupun sejenisnya.

Namun jika asurasi yang sifatnya lebih formal dengan produk yang lebih besar dan nilai pertanggungan yang mencapai miliaran, lanjutnya, maka peran agen asuransi begitu dibutuhkan karena harus bertemu dengan calon nasabah.

Untuk generasi milenial yang serba canggih seperti sekarang dan  yang akan datang, menurut dia, peran agen asuransi tetap dibutuhkan karena tidak semua pekerjaan manusia bisa dilakukan mesin secanggih apapun.

Selain itu, pihaknya juga mengaku tetap mengikuti perkembangan teknologi meksi peran agen tentu masih terus eksis.

" Kita sekarang punya marketing yang semula manual seperti email, fax, scan, sekarang ini semuanya kita program dengan kecanggihan teknologi. Namun jika dikatakan akan membuat peran agen semakin sempit dan tergerus, tentu tidak seperti itu," ujarnya.

Menurut dia, penjualan asransi itu dinilai akan lebih efektif jika bisa bertatap muka atau bertemu langsung dengan calon nasabah.

Rasa emosional didukung dengan gaya bahasa yang baik tentunya akan membuat komunikasi lebih terjalin. Proses tanya jawab juga bisa lebih cepat dan bisa mengetahui apa-apa saja yang akan didapatkan dan berapa yang akan menjadi beban dari nasabah jika mengambil asuransi tersebut.
(T.KR-AKR/Subagyo)