Dinkes khawatir penyakit kaki gajah serang pelajar SD

id Penyakit kaki gajah, serang pelajar, sd, mukomuko, bengkulu, dinkes, sample darah

Dinkes khawatir penyakit kaki gajah serang pelajar SD

Dok. Penyakit kaki gajah (FOTO ANTARA)

Mukomuko (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu merasa khawatir penyakit kaki gajah atau filariasis akan menyerang pelajar sekolah dasar di kabupaten tersebut sehingga melakukan pemeriksaan sample darah terhadap 1.566 orang siswa di 32 sekolah. 

"Kami telah melakukan pemeriksaan sample darah siswa SD di daerah ini. Semua siswa tersebut negatif menderita penyakit tersebut," kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Nen Widiyarti di Mukomuko, Selasa.

Dinas Kesehatan memeriksa sample darah terhadap sebagian siswa kelas dua hingga tiga SD yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu.

Pemeriksaan sample darah siswa itu untuk memastikan masih ada atau tidak penderita penyakit tersebut setelah instansi itu melakukan pengobatan massal selama lima tahun di daerah tersebut.

 "Kita telah melakukan pengobatan massal penyakit kaki gajah selama lima tahun. Kini pemeriksaan ulang," ujarnya.

Ia menyatakan, instansinya melakukan pemeriksaan ulang darah terhadap sebanyak 1.566 orang siswa kelas satu hingga dua di 32 sekolah daerah di daerah itu.

Dari hasil pemeriksaan darah tersebut, katanya, seluruh siswa kelas satu hingga dua yang tersebar di 32 SD tersebut negatif menderita penyakit kaki gajah.

"Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan dengan cara mengambil darah setiap siswa tersebut, kemudian darah diuji untuk memastikan siswa tersebut menderita penyakit kaki gajah," ujarnya.