Upacara pemakaman Stephen Hawking di Cambridge

id Stephen Hawking,pemakaman Stephen Hawking,peguburan Stephen Hawking,Stephen Hawking meninggal,berita sumsel,berita palembang,upacara pemakaman Stephen

Upacara pemakaman Stephen Hawking di Cambridge

Profesor Stephen Hawking. (ANTARA News Sumsel/Reuters)

Cambridge (Antara/Xinhua-OANA) - Upacara pemakaman Profesor Stephen Hawking dilangsungkan pada Sabtu di gereja di dekat Universitas Cambridge, perguruan tinggi tempat ia pernah menjadi anggota selama lebih dari setengah abad.

Sekitar 500 anggota keluarga, sahabat dan teman kerjanya hadir dalam upacara pribadi pemakaman Hawking di Gereja Great St Mary's, yang dipimpin pendeta Dr Cally Hammond. Hammond adalah Dekan Gonville & Caius College, tempat Hawking menjadi anggota selama lebih dari 50 tahun.

Dalam pernyataan, putra-putri Hawking, yaitu Lucy, Robert dan Tim, mengatakan, "Mewakili seluruh keluarga, kami ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas semua penghormatan untuk ayah kami dan terima kasih sebesar-besarnya kepada mereka yang mengirimkan pesan pernyataan duka cita."

Putra-putri Hawking mengatakan memilih melangsungkan upacara pemakaman di Cambridge karena ayah mereka tinggal dan bekerja di Cambridge selama lebih dari setengah abad dan Cambridge adalah "bagian kota terpadu dan sangat ia kenali, yang ia sangat cintai dan mencintainya".

Warga dan pendatang, yang jumlahnya diperkirakan mencapai ribuan, berkumpul di luar gereja untuk menyampaikan penghormatan terakhir. Mereka menyaksikan peti jenazah Hawking digotong oleh enam petugas ke dalam gereja.

Beberapa ruas jalan di Cambridge ditutup saat iring-iringan mobil jenazah melintas dari kediaman sang profesor di bagian barat kota itu menuju King's Parade dan wilayah di sekitar Gereja Great St Mary's.

Upacara pemakaman dilanjutkan dengan resepsi tertutup di Trinity College, yang letaknya juga dekat dengan gereja.

Abu jenazah Stephen Hawking akan dikebumikan di samping makam Isaac Newton dan Charles Darwin di Westminster Abbey di London pada 15 Juni.

Sejak Hawking meninggal, sudah lebih dari tiga ribu orang datang ke Gonville & Caius College untuk mengisi buku duka cita, yang nantinya akan diserahkan kepada keluarga Hawking.

Buku duka cita versi daring juga telah terisi dengan ribuan pesan dari seluruh dunia.

Fisikawan terkemuka Inggris itu meninggal dunia dengan tenang di kediamannya di Cambridge pada 14 Maret dalam usia 76 tahun.

Hawking merupakan sosok legendaris dalam sejarah modern fisika.

Ia terkenal atas karyanya menyangkut lubang hitam dan teori relativitas.

Hawking telah menulis sejumlah buku laris bidang ilmu pengetahuan walaupun ia dalam keadaan terbelenggu di kursi roda setelah mengalami gangguan saraf motoris pada 1963 saat ia berusia 21 tahun.

Ia menciptakan landasan baru pada hukum dasar, yang mengatur alam semesta, termasuk pengungkapan bahwa lubang hitam memiliki suhu dan memproduksi radiasi, yang sekarang disebut dengan radiasi Hawking.
Penerjemah: T. Mutiasari/B. Soekapdjo