Pelayanan kapal cepat Palembang-Bangka belum tiap hari

id kapal cepat,berita sumsel,berita palembang,berita antara,Expres Bahari,kapal cepat Palembang-Bangka,penumpang kapal cepat, jalur banga palembang,Pelab

Pelayanan kapal cepat Palembang-Bangka belum tiap hari

Arsip- Sejumlah Penumpangturun dari kapal cepat ekspres Bahari 9 dari Kepulauan Bangka Belitung, di pelabuhan kapal cepat Boom Baru 3 Ilir Palembang. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Pelayanan jasa angkutan laut kapal cepat rute Palembang-Bangka belum setiap hari dan masih terbatas empat kali perjalanan dalam sepekan karena kondisi sepi penumpang dalam setahun terakhir belum ada tanda-tanda akan ramai.

Pelayanan kapal cepat sekarang ini masih empat kali sepekan yakni pada Minggu, Senin, Rabu, dan Jumat, namun pada momentum tertentu terjadi peningkatan jumlah penumpang sewaktu-waktu siap ditambah jadwal pemberangkatan dan menjadi tiap hari, kata petugas kapal cepat Expres Bahari Robin, di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, kebijakan perubahan jadwal pelayanan tidak setiap hari itu ditetapkan untuk mengatasi penurunan jumlah pengguna jasa angkutan laut kapal cepat tujuan Bangka akhir-akhir ini.

Akibat pengguna jasa kapal cepat terus mengalami penurunan, pihaknya mengurangi jadwal keberangkatan untuk mencegah membengkak biaya operasional dan menjaga keberlangsungan pelayanan kapal cepat rute tersebut.

"Jadwal keberangkatan kapal cepat mengalami beberapa kali perubahan, dari sistem sehari beroperasi sehari libur bergiliran dengan perusahaan jasa kapal cepat lainnya Sumber Bangka, kini hanya satu kapal perusahaannya Expres Bahari yang bertahan beroperasi," ujarnya lagi.

Dia menjelaskan pelayanan empat kali dalam sepekan yang berjalan sejak setahun terakhir, untuk menyiasati sepi penumpang dan mempertahankan pelayanan kepada masyarakat agar bisa tetap berjalan.

Jadwal pelayanan kapal cepat di Pelabuhan Boom Baru Palembang ke Muntok, Bangka berangkat pada pagi pukul 07.00 WIB, dan kedatangan dari Bangka sekitar pukul 15.00 WIB.

Bagi masyarakat yang akan menggunakan kapal cepat untuk mendukung perjalanan dari Palembang ke Bangka dan sebaliknya untuk memperhatikan jadwal keberangkatan empat kali dalam sepekan tersebut, karena di luar jadwal itu tidak ada kapal yang beroperasi, kata dia pula.
(T.Y009/B014)