Durian semengok sakti khas OKU rasanya manis dan tebal

id durian,duren,durian khas oku,durian semengok sakti,pembibitan durian,dinas pertanian,bibit durian,batang durian,panen durian,pedagang durian

Durian semengok sakti khas OKU rasanya manis dan tebal

Arsip - Pembeli memilih durian di Sentra Durian Pasar Kuto Palembang, Sumsel, Sabtu (10/12). (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/16)

....Buah durian semengok sakti ini merupakan durian asli Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Selain rasanya manis juga daging pada buah ini tebal dan berwarna kuning tembaga....
Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, melakukan pembibitan 1.000 batang pohon durian semengok sakti  khas asli daerah setempat memiliki rasa yang cukup manis dan berdaging tebal dengan warna kuning tembaga.

"Buah durian semengok sakti ini merupakan durian asli Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Selain rasanya manis juga daging pada buah ini  tebal dan berwarna kuning tembaga," kata Kepala Dinas Pertanian OKU Joni Saihu di Baturaja, Jumat.

Saat ini buah durian eemengok sakti amat sulit didapat dan juga langka dijual di pasaran khususnya di Kabupaten OKU.

Pihaknya berupaya membudidayakan jenis tanaman tersebut dengan melakukan pembibitan hingga sebanyak 1.000 batang pohon.

Pembibitan tersebut menggunakan sistem stek atau cangkok batang, namun proses penyambungan dilakukan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) karena di? OKU sendiri belum ada ahlinya.

"Tahun ini kami targetkan pembibitan 1.000 batang yang nantinya akan disebar untuk ditanam di 13 kecamatan di Kabupaten OKU," ungkapnya.

Dia menjelaskan, keunggulan Durian Semengok Sakti dibandingkan jenis durian lainnya yaitu terletak pada daging buah yang manis dan tebal berwarna kuning tembaga.

Selain itu, lanjut dia, kadar alkohol pada buah musiman setiap empat tahun sekali tersebut lebih sedikit dibandingkan jenis durian lainnya sehingga aman dikonsumsi meskipun dalam jumlah yang banyak.

"Sebenarnya pada tahun 2010 durian ini pernah menang kontes Buah Durian di Jakarta. Oleh sebab itulah tahun ini kami fokus untuk pembibitannya," jelasnya.

Dia menambahkan, selain itu pada tahun ini pihaknya juga mengembangkan komoditi bibit unggul lainnya seperti tanaman cabai, jagung, bawang dan umbi-umbian lainnya agar dapat dibudidayakan oleh petani di wilayah itu.

"Jika petani ingin memperoleh bibit ini kami imbau untuk mengajukan proposal untuk menerima bantuan tersebut," katanya