50 desa di OKU cairkan dana desa

id dana desa,pencairan dana desa,berita sumsel,berita palembang,Kabupaten Ogan Komering Ulu,Surat Pertanggungjawaban

50 desa di OKU cairkan dana desa

Ilustrasi - Alokasi Dana Desa (ANTARA News Sumsel)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 50 desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan sejak 21 Maret lalu sudah mencairkan Dana Desa tahap pertama tahun anggaran 2018.

"Sejauh ini sebanyak 50 dari 143 desa yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sudah?mencairkan Dana Desa (DD) tahap pertama pada 21 Maret 2018," kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) OKU, AM Hanafi di Baturaja, Jumat.

Dia mengungkapkan, alokasi dana bantuan dari pemerintah pusat tahap pertama yang sudah dicairkan tersebut sebesar 20 persen dari total anggaran atau sebesar Rp10 miliar diperuntukan bagi 50 desa di wilayah itu.

"Pencairan DD tahun ini dibagi menjadi tiga tahapan selama setahun yaitu tahap pertama sebesar 20 persen kemudian 40 persen dan tahap ketiga 40 persen," ungkapnya.

Desa yang sudah mencairkan dana tahap pertama tersebut yang telah memenuhi syarat pencairan seperti menyelesaikan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan sudah menyusun Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

"Termasuk sudah menyampaikan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan DD tahun sebelumnya," jelasnya.

Mekanisme dalam pencairan dana desa ini, lanjut dia, masih seperti tahun sebelumnya yaitu ditransfer melalui rekening bank setiap desa di wilayah itu.

"Sekarang ini masih ada sekitar 93 desa lagi di OKU yang belum mencairkan DD dan diharapkan agar segera menyelesaikan RKPDes agar dapat diproses," kata dia.

Menurut dia, selama secara administrasi sesuai aturan dan ketentuan Kementrian Desa, maka DD bisa langsung diproses pencairannya sesuai alokasi.

"Segera lengkapi syarat pencairan agar dana bisa dicairkan sehingga tidak menghambat pembangunan di setiap desa," tegasnya.Budi Suyanto
(T.KR-EDO/B008)
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar